Liputan Seputar Kriminal

Pelaku Penyelundupan Senjata Api Ilegal di Bekuk Satreskrim Polres Teluk Bintuni

MANOKWARI – persbhayangkara.id PAPUA

Pada Hari Rabu Tanggal 10/02/2021 jam pukul 14.37 Wit di Jalan Trans Manokwari tepatnya di Mamey Kabupaten Manokwari Selatan telah dilakukan Penangkapan terhadap Penyelundupan Senjata Api Ilegal oleh Anggota Sat Reskrim Polres Teluk Bintuni.

Adapun Identitas dari Pelaku Penyelundupan Senjata Api Tersebut W.T,Ambon,Agama Kristen, Alamat Kelurahan Oyehe Kabupaten Nabire,dengan barang bukti, 1 Pucuk Senjata Laras Panjang Rakitan dengan 1 Buah Magazen,1 Pucuk Senjata Api Organik Jenis Revolver,7 Butir Amunisi Revolver,600 Butir Amunisi 5,56,1 Buah KTP,1 Buah Kartu ATM Bank Mandiri,Uang Pecahan 100.000 Rupiah Sebanyak 5 Lembar,Uang Pecahan 5000 Rupiah sebanyak 8 Lembar,dan Hp Nokia TA-1174.

Kronologis tertangkapnya pelaku,hari Selasa 9/2/2021 melalui Dirreskrimum Polda Papua Barat memberikan informasi Kepada Kasat Reskrim Teluk Bintuni, bahwa akan ada penyeludupan Senjata Api dari Ambon menuju Nabire dan akan melewati Kabupaten Teluk Bintuni melalui jalur laut.

Mendengar Informasi tersebut Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni melaporkan Kepada Kapolres Teluk Bintuni,lalu Kapolres Teluk Bintuni memerintahkan Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni untuk melakukan Penyelidikan,Hari Rabu tanggal 10/02/202,sesuai Informasi tersebut Sat Reskrim Polres Teluk Bintuni dibawah Pimpinan Kasat Reskrim AKP Junaidy A Weken SIK melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang informasinya sudah berada di Kabupaten Teluk Bintuni.

Tiba sekitar jam pukul 12.10 wit Tim Sat Reskrim mendapatkan informasi bahwa pelaku sedang berada di Pasar Central Kabupaten Teluk Bintuni, Kemudian Tim menuju Pasar Central Kabupaten Teluk Bintuni. Setibanya dipasar central Kabupaten Teluk Bintuni pelaku telah berangkat menuju Manokwari dengan menggunakan mobil angkutan penumpang Jenis Triton.

Tim mengejar angkutan penumpang tersebut,dan pada pukul 14.37 Wit bertempat di Jalan Trans Manokwri Bintuni tepatnya di Mamey Kabupaten Manokwari Selatan tim berhasil menangkap pelaku bersama barang bukti dan Tim membawa Pelaku ke Mapolres Teluk Bintuni.

Perihal lain,pantauan tim awak media persbhayangkara saat menerima giat pers rilis Polres Teluk Bintuni,Penangkapan Penyelundupan Senjata Api Ilegal yang dilakukan Sat Reskrim Polres Teluk Bintuni,pelaku penyelundupan senjata Api Ilegal tersebut diselundupkan oleh Pelaku dari Kota Ambon Menuju Kabupaten Teluk Bintuni dengan menggunakan Kapal Laut,Berencana menuju Kabupaten Nabire dengan menggunakan Jalur Darat.

Pantaun prediksi jajaran kepolisian,penyelundupan Senjata Api Ilegal yang dilakukan Pelaku dengan melewati Kabupaten Teluk Bintuni, tidak menutup kemungkinan dapat terulang kembali kejadian serupa mengingat,Akses menuju Kabupaten Nabire,dianggap paling Strategis dengan melewati Kabupaten Teluk Bintuni dan bisa menuju Kabupaten Nabire dengan menggunakan jalur Darat.

Tidak Menutup Kemungkinan Senjata Api Ilegal yang diselundupan Pelaku tersebut untuk di Pasok kepada Kelompok Krimanal Bersenjata ( KKB) yang berada di Papua dan Papua Barat mengingat Senjat Apil tersebut direncanakan dibawa menuju Kabupaten Teluk Bintuni.

“Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni AKP Junaidy A Weken S.I.K berserta anggota jajarannya bergerak cepat memberantas pelaku penyelundupan,mengumpulkan bahan keterangan untuk dituangkan dalam Produk Intelijen untuk dilaporkan kepada Kapolres, Monitoring dan Penyelidikan lebih Lanjut terkait dengan penyulundupan Senjata Api Ilegal tersebut untuk menghindari hal serupa terutama di Wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

Adanya Penyulundupan Senjata Api Ilegal melewati Kabupaten Teluk Bintuni dengan Akses Jalur Laut kiranya perlu dilakukan Razia terhadap barang bawaan penumpang apabila Kapal Penumpang Masuk di Kabupaten Teluk Bintuni,pungkasnya. (Hms/H Fahmi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top