Kronik polri

Sayembara Luar Biasa! Warga Kampung Balla Ewako di Bentengi Senjata Tiga 3M Bhabinkamtibmas Polres Takalar

TAKALAR – persbhayangkara.id SULAWESI SELATAN

Bhabinkamtibmas dikerahkan berjibaku memerangi covid di masing-masing wilayah binaannya. Bahkan, personel garda terdepan ini dalam sebuah sayembara mereka diharap menangkal virus yang tak dilihat dengan kasat mata

Lalu Bagaimana Para Bhabinkamtibmas menangkal virus yang menyerang masyarakat dalam sayembara di wilayah hukum Polres Takalar ?

Simak baik-baik dulu, tentu Bhabinkamtibmas tidak berperan sendiri melawan virus tak dilihat secara kasat mata dengan menggunakan senjatanya. Namun tetapi mereka punya cara.

Belum bisa diketahui perjalanan sayembara Bhabinkamtibmas menangkal virus mematikan itu, sebab mereka menghadapi sayembara, entah cara apa nantinya mereka lakukan hingga berhasil membentengi warga yang berada di Kampung Balla Ewako dari serangan virus.

Sebelum para Bhabinkamtibmas dikerahkan, mereka mendengar arahan Kapolres Takalar, AKBP Benny Murjayanto di Aula 99 Mapolres Takalar, Rabu (03/02/2021)

Kapolres dalam arahannya bahwa seluruh Bhabinkamtibmas menghadapi sayembara yang bertujuan agar Bhabinkamtibmas berperan aktif dalam pencegahan penularan Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Olehnya itu diharap untuk bersinergi dengan tiga pilar (Polri, TNI dan Pemerintah Daerah)

“Jadi untuk melakukan pencegahan covid-19 maka diharap sinergitasnya dengan tiga pilar dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui program Kampung Balla Ewako,” papar Beny.

Perwira dua bunga melati dipundaknya ini melanjutkan, dimasa pandemi ini kata dia, sebaiknya mengoptimalkan Balla Ewako, untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut.

“Nah untuk mengoptimalkan Balla Ewako, dalam melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut. Olehnya itu dibutuhkan personel garda terdepan yakni Bhabinkambtimas,” tutur Kapolres.

Selain peranan Bhabinkamtibmas juga Kapolres mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut mengambil bagian dalam sayembara Desa bebas Covid, guna mencegah penyebaran virus Covid-19, sehingga masyarakat Kabupaten Takalar kedepannya terbebas dari virus.

“Semoga niat baik ini, Takalar terbebas dari virus,” kata Beny Murjayanto.

Diketahui bahwa Kampung Balla Ewako sambungnya, berfungsi juga sebagai tempat problem solving (penyelesaian masalah masyarakat), tempat mendata, mengawasi dan mengkoordinir penyaluran Bansos baik dari pemerintah maupun swasta sehingga bantuan tersebut tersalurkan secara merata.

“Dengan keberadaan kampung Balla Ewako. Itu dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi baik berupa bantuan sosial dan ketahananan pangan. Kampung Balla Ewako juga dilengkapi dengan fisilitas kamar khusus untuk isolasi mandiri bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19, sehingga tercipta Kampung Tangguh di masing masing Desa dan Kelurahan yang berada di Takalar,” katanya.

Menurut pria kelahiran Jogja Sleman ini jika Bhabinkamtibmas dan Balla Ewako sebagai garda terdepan Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di masyarakat dan merupakan pelayanan terpadu Polri.

“Kita wujudkan harapan itu dengan menggelar sayembara (lomba), di tingkat RT RW, sebagaimana dimasa pandemi ini Polri sebagai garda terdepan dalam melaksanakan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dan sayembara kali ini sangatlah berbeda dibandingkan dengan sayembara sebelumnya, karena ini lomba kampung bebas covid,” cetusnya

Melalui sayembara kampung bebas covid ini tambahnya diharap agar masyarakat Takalar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan aktifitas misalnya pergi ke pasar, ke kantor, ke tempat ibadah dan acara yang dapat menimbulkan kerumunan.

Hadir mendampingi Kapolres Takalar, AKBP Beny Murjayanto dalam pertemuan itu Kabag Sumda Kompol Nur Alam, Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas serta jajaran Polres Takalar.

(Andi Akbar Raja)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top