Seputar TNI & POLRI

Tanah Longsor Terjadi di Sidamulih Pangandaran, dengan Sigap Polri, TNI, BPBD Laksanakan Tugasnya

PANGANDARAN – peesbhayangkara.id JAWA BARAT

Hujan deras yang hampir melanda seluruh wilayah Kabupaten Pangandaran menimbulkan bencana alam tanah longsor di wilayah Kecamatan Sidamulih. Bencana alam tanah longsor itu terjadi tepatnya di Dusun Cibodas Rt.005 Rw.003, Desa Kersaratu, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (1 Februari 2021), sekitar pukul 15.15 WIB.

Akibat longsor tersebut, akses jalan penghubung dua desa yakni Desa Kersaratu dan Desa Sidamulih terputus akibat tertibun material longsor. Longsoran tanah ini berasal dari kawasan Hutan Produksi milik Perum Perhutani.

Berbagai tindakan cepat dilakukan oleh tim evakuasi dari BPBD Kabupaten Pangandaran dan para relawan. Mulai dari membersihkan material longsor hingga melakukan pendataan kerugian maupun korban jiwa.

Reaksi cepat juga ditunjukan oleh jajaran personel Polsek Sidamulih Polres Ciamis Polda Jabar. Dipimpin langsung Kapolsek Sidamulih Iptu Asep Setiawan Prayatna beserta beberapa personel Polsek Sidamulih mengecek langsung lokasi bencana dan ikut serta terlibat membersihkan material longsor.

“Ketika mendapat kabar bencana, saya berserta anggota meluncur ke lokasi untuk melihat situasi dan kondisir. Dilokasi kami juga bekerja sama dengan para relawan kebencanaan membersihkan material longsor yang menutupi jalan penghubung dua desa,” ujar Kapolsek Sidamulih.

Kapolsek menjelaskan, evakuasi membersihkan material longsor pada hari ini berjalan lancar dan aman. “Setelah sebagian material longsoran disingkirkan, untuk sementara sudah bisa di lalui oleh Kendaraan roda dua namun untuk roda empat masih belum bisa melewati, dikarenakan material longsoran tanah tersebut harus di bersihkan oleh alat berat. Sementara akibat bencana tanah longsor itu tidak menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya.

Upaya kedepan, rencana akan dilakukan koordinasi antara pihak Perum Perhutani dan Pihak BPBD supaya dapat menghadirkan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran di jalan raya tersebut. Sementara upaya yang dilakukan untuk menyingkirkan material longsoran tanah tersebut dengan menggunakan mesin penyedot air. Deded. Skr

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top