Kronik polri

Thia Yufada Bangga Musi Banyuasin Miliki Perpustakaan Desa Swadaya Warga

MUSI BANYUASIN – persbhayangkara.id SUMATERA SELATAN

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Sekayu menuju Perpustakaan Desa (PerpusDes) Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin.

Meski di wilayah pelosok, namun Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin ini memiliki sesuatu yang luar biasa dan berkontribusi positif untuk kemajuan anak bangsa.

Hal tersebut tampak dari keberadaan PerpusDes Bukit Jaya yang pengelolaannya di handle oleh swadaya masyarakat Desa Bukit Jaya dan baru-baru ini menjadi sorotan nasional karena telah terpilih sebagai Perpustakaan Desa Terbaik mewakili Sumsel dan berhasil meraih Juara II pada Cluster B Tingkat Nasional.

“Perpustakaan yang unggul malah lahir dari perpustakaan swadaya masyarakat sendiri. Ini luar biasa menjadi catatan tersendiri bagi kami bahwa pembangunan di Muba bisa datang dari mana saja termasuk dari perpustakaan,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin yang juga Bunda Baca Muba Thia Yufada Dodi Reza di sela kunjungan kerja ke Perpustakaan Desa Bukit Jaya dalam rangka pembinaan perpustakaan desa se Kecamatan Sungai Lilin, Jumat (29/1/2021).

Ketua Umum Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (PERWOSI) Sumsel ini mengatakan desa yang telah berprestasi akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah kabupaten, terkait dengan peningkatan pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Kita lihat sendiri bahwa perpustakaan ini menunjukkan cara dan perannya ke masyarakat, bukan hanya tempat meminjam buku, tapi juga tempat membina masyarakat, maka kesejahteraan timbul dari kegiatan perpustakaan,” ujar Wanita Inspiratif Sumsel itu.

Sementara itu, adapun kegiatan pembinaan Perpustakaan Desa Bukit Jaya menurut laporan Kades Bukit Jaya, Juhari beberapa program yang dicanangkan, diantaranya, budidaya pembuatan pupuk kompos yang dikelola secara manual oleh kelompok tani, pembuatan jamu tradisional, dan membantu program PKK Muba berupa kelorisasi.

“Alhamdulillah dengan bukti nyatanya setiap rumah ditempat kami minimal ada dua batang pohon kelor untuk peningkatan gizi,” paparnya.

Selain itu lanjut Juhari Perpustakaan Desa Bukit Jaya melakukan les dan kursus gratis bagi anak sekolah.

“Disamping itu kami mohon perbaikan jalan desa kami, dan penambahan fasilitas olahraga,” pinta Kades Bukit Jaya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Muba Yohanes Yubhar mengatakan keberhasilan Perpustakaan Desa Bukit Jaya dapat menjadi contoh bagi perpustakaan desa lain dalam Kabupaten Muba.

“Semoga ini akan menjadi motivasi bagi perpustakaan-perpustakaan desa kita lainnya, untuk menjadi calon juara baik tingkat kabupaten hingga nasional,” harap Yohanes.

Setelah di Desa Bukit Jaya Ketua TP PKK Muba melanjutkan pembinaan ke Perpustakaan Desa Bumi Kencana, dan Desa Cinta Damai.

Turut hadir Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Sunaryo SSTP MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Muba Yohanes Yubhar, Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi, dan Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan SIP MSi. (Alamsyah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top