Liputan Seputar TNI

Baku Tembak YR 400 dengan KSB,1 Prajurit Tertembak di Dada

INTAN JAYA – persbhayangkara.id PAPUA BARAT

Pada tanggal 22/01/2021 pukul 06.30 Wit telah ada informasi dari HT YR 400/BR bahwa telah terjadi gangguan tembakan oleh KSB terhadap Pos YR 400/BR yang berada di Kepulauan Titigi Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatakan 1 anggota YR 400/mengalami luka tembak di bagian dada,ia mengalami luka dan dalam keadaan kritis.

Saat ini masih dilakukan pengejaran oleh jajaran YR 400/BR,juga rencana akan di laksanakan evakuasi pada hari ini oleh Satgas Yonif R 400/BR dengan KSB. Lanjut sekitar pukul 11.30 WIT telah didapatkan informasi melalui HT di Pos Koramil 1705-Sugapa tentang kontak tembak Tim pengejaran dari Yonif Raider 400/BR dengan KSB, yang melaksanakan pengejaran terhadap KSB terduga pelaku penembakan rekannya di Pos Titigi di sekitaran Sugapa Lama dan Hitadipa.

Pembalasan tembakan oleh kelompok KSB dan mengenai personil Yonif 400/BR Pratu Dodi yang ikut dalam aksi pengejaran, tembakan tersebut mengakibatkan korban mengalami luka tembak di bagian belakang pantat tembus ke perut depan dan tangan sebelah kanan.( Korban masih sadar ).

Rencana Tim evakuasi telah bergerak mengunakan 2 unit mobil strada untuk membawa korban ke Bandara Bilorai Sugapa untuk diterbangkan ke Timika untuk Penanganan medis lebih lanjut. Pendugaan sementara 2 orang anggota TNI terluka terkena tembakan.

Perkembangan pada kesempatan pertama. Laporan gangguan tembakan di TK. Titigi Satgas YR 400/BR yang mengakibatkan Pratu Roy Vebrianto Tertembak,fakta dilapangan menyampaikan,Hari Jumat tanggal 22/01/ 2021 pukul 06.35 WIT Titik Kuat Titigi mendapat gangguan tembakan oleh kelompok KSB dari arah sudut kompas 190° dengan jarak kurang lebih 200 meter dari sektor pos 3 Jaga TK Titigi yang mengakibatkan Pratu Roy Vebrianto tertembak pada bagian dada sebelah kanan.

Kronologis dilapangan,pada pukul 06.35 WIT,diketahui dari Laporan Wadansatgas yang berada di TK. Titigi mendapat gangguan sebanyak 3 kali tembakan oleh kelompok KSB arah sudut kompas 190° dengan jarak kurang lebih 200 meter dari arah sektor pos 3 Jaga TK.Titigi,lanjut jam pukul 06.40 WIT,
dari Titik Kuat Mamba mengeluarkan 3 Tim PAM RPU jumlah 31 orang DPP di pimpin Letda Inf Endri Marjiyo untuk mengamankan Jalur Evakuasi.

Tepat tiba jam pukul 07.00 WIT,Tim evakuasi jumlah 16 Orang DPP oleh Kapten Inf Eko Hadi Syaputra berangkat menuju titik penjemputan,dan jam pukul 07.15 WIT,Tim evakuasi tiba di titik penjemputan dan diadakan pemeriksaan oleh Lettu CKM dr.Kus Ageriawan, korban dibawa menuju Bandara Bilorai Sugapa.

Jam pukul 07.37 WIT,tim evakuasi dan korban tiba di Bandara Bilorai Sugapa,jam pukul 08.35 WIT,
Helly Caracal landing di Bandara Bilorai Sugapa. Helly Caracal takeoff ke Timika dan Korban Pratu Roy Vebrianto telah di evakuasi dengan menggunakan Helly Caracall beserta personel pendamping a.n Lettu Ckm dr. Kus Ageryawan.

Diduga kerugian dari gangguan tembakan,1 Korban personil (Kondisi Kritis),dan Munisi menunggu konfirmasi dari Titik Kuat Titigi yang kontak (saat ini melaksanakan pengejaran).

Perihal catatan lain pantuan tim awak media persbhayangkara, proses evakuasi berjalan Aman dan Lancar,evakuasi korban menggunakan Helly Caracall menuju Timika,dari lokasi disampaikan Situasi sampai saat ini dalam keadaan Rawan Terkendali, Personel Satgas YR 400/BR melaksanakan Siaga di Titik Kuat masing-masing. (Hamdi F)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top