Liputan Sosial Masyarakat

Mediasi Penyelesaian Gorong – gorong Desa Gempol Legundi Jombang

JOMBANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Tiga pilar Pemerintah Desa Gempol Legundi, Babinsa dan Babinkamtibmas memfasilitasi pertemuan antara warga dengan pemilik lahan dan pengembang. Mediasi ini terkait penyelesaian Masalah gorong gorong dan penahan tanah, warga menuntut pengembang segera membongkar gorong-gorong dengan Menganti gorong-gorong dengan ukuran tinggi 90cm dan lebar 80 cm dan segera menyelesaikan penahan tanah.

Mediasi yang digelar di rumah bapak kepala dusun, dihadiri kepala desa gempolegundi, Babinsa, Babinkamtibmas dan warga. (3/1/20)

Alif Kades gempolegundi menyuarakan aspirasi masyarakat di hadapan pengembang dan Pemilik lahan ” warga sudah melakukan mediasi pertama untuk melakukan pembongkaran gorong-gorong bulat dan mengganti dengan gorong-gorong yang sudah di sepakati”.

Lanjut, sebab gorong-gorong bulat itu kalo ke depan ada penyumbatan sulit membersihkan dan Warga kedekatan hubungan segera membenahi gorong-gorong sesuai kesepakatan mediasi pertama yaitu ukuran 90x80cm, terang kades.

Sebelum melakukan mediasi Kades juga kordinasi dengan perijinan kalau gorong-gorong itu bukan termasuk dalam IMB ( ijin mendirikan bangunan) , itu bisa diselesaikan di desa melalui kesepakatan warga. Jika pengembang setuju, masalah dianggap selesai. Selanjutnya, pihak kelurahan yang memfasilitasi mediasi akan membuatkan berita acara, tandas kades.

Salah satu Warga ada nyeletuk, penahan tanah juga harus segera di selesaikan juga. karena jika tidak di selesaikan tanah itu akan merusak tanaman padi sikitar lahan itu. Secepatnya soalnya musim hujan.

Sambung kades lagi, sekaligus moderator warga, bukannya pemerintah Desa gempolegundi dan Warga mempersulit pengerjaan pengurukan lahan. Pemilik lahan juga sudah di anggap sebagai warga sendiri, gimana baiknya kita selesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Kita lihat kedepannya karena gorong-gorong itu buat selamanya.

Berita acara itu akan kita sampaikan kepada pemerintah kabupaten Jombang, karna pengembang akan membenahi itu dan itu sajap

Servi sebagai pengembang tanah uruk mengatakan siap sedia membongkar gorong-gorong yang dianggap warga terlalu kecil ” akan kita benah i sesuai harapan warga masyarakat, karena ini buat masyarakat di sekitar, saya selaku pengembang siap membenahi lebih cepat lebih baik, tandanya.

Reporter : Didit Luk suyatno

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top