Liputan Seputar Kriminal

Sopi 3,57 Ton Asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Sita Polres Tual

TUAL – persbhayangkara.id MALUKU

Sebanyak 3,57 Ton Sopi (Miras Lokal_Red) yang dibawa dari Larat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, berhasil diamankan Sat_Res Narkoba Polres Tual, Minggu (27/12) diinihari, Pukul 02.00 WIT

Sopi atau Miras Lokal ini, dibawa dengan menggunakan Kapal Motor Kayu, kemudian diturunkan di Pesisir Pantai Desa/Ohoi Debut, Kecamatan Manyeu, Kab. Maluku Tenggara

Pantauan Media ini menyebutkan, setelah adanya laporan dari masyarakat, kemudian ditindak lanjuti oleh aparat Kepolisian dari Polsek Kei Kecil Barat yang dipimpin Oleh Kapolsek IPDA F. Tethool S.Sos.

Setelah melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Kapolsek bersama Sat_Resnarkoba Polres Tual melakukan pengejaran ke laut, tapi dikarenakan kondisi laut yang kurang bersahabat sehingga pelaku yang membawa Sopi tersebut berhasil kabur, alhasil, Sopi yang berjumlah 770 liter itu kemudian diamankan Sat_Resnarkoba Polres Tual.

Adapun saksi mata yang pertama kalinya melihat dan kemudian melaporkanya ke Polsek setempat, menerangkan bahwa sedianya dari hasil 770 liter yang di amankan tadi, bukanlah total dari keseluruhan barang yang di turunkan saat itu.

Dia menambahkan, sebelumnya Sopi atau Minuman Tradisional itu, sudah terlebih dahulu diangkut dengan menggunkan satu unit mobil Dump Truck berwarna biru, tanpa memiliki TNBK.

Berdasarkan informasi inilah,`Kapolres Tual AKBP Alfaris PattiwaelL, S.I.K., M.H. langsung memerintahkan Kasat Resnarkoba Polres Tual IPTU A. Kenne, S.H, bersama Sat_Lantas Polres Tual untuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan mobil dump truck tadi, beserta Barang Bukti (BB) jenis Sopi itu.

Pada Pukul 14.45 Barang Bukti (BB) berupa Sopi itu kemudian, ditemukan disalah satu Rumah Warga yang sudah lama tidak ditempati lagi, yang berada di Desa Taar, Un Pantai Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual.

Setelah ditemukan, Kepolisian Polres Tual bersama perangkat Desa/Ohoi Taar melakukan pembongkaran paksa, terhadap rumah dimaksud, berdasarkan Surat Perintah Penggeledahan Nomor : SP.Dah/09/XII/RES.4./2020m tanggal 27 Desember 2020

Dan menemukan Miras jenis SOPI, sebanyak 2.800 (dua ribu delapan ratus) liter, yang dikemas di 80 jerigen berukuran 35 liter untuk tiap jerigenya.

Total dari keselurahan Sopi yang sita Polres Tual hari ini, sebanyak 770 liter yang berada di Desa/Ohoi Debut, dan 2.800 liter di Desa Taar, Un Pantai, Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, jadi jumlah keseluruhan 3.570 liter (3.57) Ton.

Kapolres Tual,`AKBP Alfaris pattiwael S.I.K.,M.H kepada Media baru-baru ini di Tual, mengungkapkan, terhadap para Pelaku / terlapor pengangkutan, mengedarkan, memperdagangkan, menimbun, menyimpan dan menjual minuman berakohol tanpa izin, akan dipersangkakan dengan pasal 25 ayat (1), ayat (2), dan ayat (3).
Peraturan Daerah Kota Tual Nomor 06 Tahun 2019 tentang tentang Minuman Keras dengan ancaman kurungan 3 (tiga) bulan dan/atau denda paling tinggi sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Selanjutnya`Kapolres Pattiwael, berjanji akan menindak lanjuti serta berkoordinasi dengan, Kapolres Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) untuk mengupayakan Kerma Gakkum, Lidik dan Sidik tuntas, serta dimungkinkan dgn Lex Specialist UU Pangan.

Report by (Jhon)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top