Kronik polri

Launching Mobile Covid-19, Bupati Tana Toraja: Ini Gagasan dari Kapolres Tana Toraja

TANA TORAJA – persbhayangkara.id SULAWESI SELATAN

Dalam rangka upaya menekan tingkat jumlah penderita Covid -19 yang belakangan ini naik tajam, Pemkab. Tana Toraja, Polres Tana Toraja, Kodim 1414/Tator, dan Satgas Covid Tana Toraja menyatukan persepsi pencegahan dan penanganan Covid 19 yang cepat dan tanggap melalui sebuah kesamaan langkah dan tindakan yang bertajuk Satgas Mobile Covid -19 Kab. Tana Toraja.

Satgas Mobile Covid -19 di perkenalkan kepada masyarakat untuk di ketahui melalui launching Mobile Covid -19 yang dilaksanakan di Plaza Kolam Makale. Selasa (22/12/2020).

Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae, yang juga merupakan Ketua Satgas Covid -19 Kab. Tana Toraja, bertindak selaku Pimpinan Apel saat launching Mobile Covid -19 dilaksanakan.

Dihadiri oleh Kapolres Tana Toraja, AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH bersama sejumlah pejabat ASN dan TNI berserta jajaran Satgas Covid -19 Tana Toraja.

Satgas Mobile Covid -19 ini merupakan sebuah terobosan penanganan Covid dengan mengerahkan 12 Ambulance yang siap sedia melakukan pergerakan cepat dalam mencegah dan menangani penyebaran covid 19.

Komposisi personil dari Satgas Mobile Covid -19 terbilang komplit karena 1 Tim Mobile Covid berisi 1 tim Medis, tim Polres Tator dan Kodim, tim satpol PP, dan tim analisis, yang memiliki kewenangan untuk mengambil langkah penanganan Covid secara cepat dan tanggap jika menemukan adanya warga yang di duga terjangkit Covid 19.

Metode kerjanya pun ekstra, karena Tim Mobile Covid -19 akan terus bergerak dan bergerak melakukan patroli covid dari satu wilayah ke wilayah lain, dengan kata lain Tim Mobile Covid ini tidak menunggu informasi, namun akan bergerak ” Jemput Bola”, menyasar lingkungan warga masyarakat.

Perubahan pola pencegahan dan penanganan Covid ini diakui oleh Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae, sebagai buah ide dan gagasan dari, AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, Kapolres Tana Toraja.

“Ini gagasan dari Kapolres Tana Toraja, Putra Toraja, AKBP. Sarly Sollu, Saya bangga kita dihadirkan anak bangsa yang muda melalui gagasannya yang tegar dalam menghadapi covid-19 ini, ini merupakan terobosan yang baru pertama kali ada di Sulsel “. Ungkap Nicodemus Biringkanae.

Gagasan terobosan dari Kapolres Tana Toraja, AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH direspon dengan sangat positif oleh Bupati Tana Toraja yang juga bergerak cepat menyediakan sarana dan prasarana pendukung utama dari Mobile Covid -19 Tana Toraja, mulai dari sarana penyediaan personil, tenaga medis, hingga penyediaan sarana fasilitas Ambulance.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja, AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH dalam sambutannya di apel Launching Mobile Covid 19 mengatakan bahwa pihaknya tidak menginginkan adanya peningkatan penyebaran Covid-19 tanpa ada langkah pencegahan dan penanganan yang konkrit dan jelas.

“Kehadiran Sathas Mobile Covid-19 adalah sebuah langkah cepat dan tanggap terhadap antisipasi peningkatan penyebaran Covid -19 Tana Toraja, Kita harus hadir bersama sama menekan penyebarannya, dan Mobile Covid 19 ini adalah jawabannya”. Kata Sarly Sollu.

Dan di kesempatan wawancara dengan Sarly Sollu, Ia menghimbau kepada segenap masyarakat Tana Toraja untuk berpartisipasi mendukunb upaya pencegahan covid dengan cara disiplin patuhi Protokol Kesehatan.

“Saya himbau kepada segenap warga Masyarakat Tana Toraja, mari bersama sama mencegah penyebaran Covid -19 dengan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan, karena hanya masyarakatlah yang bisa memutus mata rantai penyebarannya dengan kesadaran sendiri disiplin patuhi Protokol Kesehatan”. Pungkas Sarly Sollu.

Sebagai dukungan kepada Satgas Mobile Covid 19, Polres Tana Toraja melibatkan sejumlah personilnya bergabung dalam Satgas Mobile Covid, bersama dengan personil TNI, Satpol PP, Dishub, Tenaga Medis, dan personil Satgas Covid Tana Toraja.

Bahkan Polres Tana Toraja mendirikan Posko Mobile Covid yang letaknya bersebelahan dengan Pos Lantas Makale, yang tujuannya sebagai titik kumpul menggerakkan Personil menuju sasaran Mobile Covid.

Mengenai hal tersebut, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo di Makassar, mengatakan, penularan COVID-19 masih terjadi dan angkanya kembali cenderung meningkat beberapa waktu ini.

“Tidak ada izin keramaian dan kami pasti akan membubarkan jika ada kerumunan karena itu berpotensi menukarkan COVID-19,” ujarnya.

Dia mengatakan, angka penyebaran virus corona di Sulawesi Selatan khususnya di Makassar saat ini masih mengalami peningkatan.

“Kami pastikan segala bentuk keramaian, perizinan untuk malam tahun baru, misalnya, tidak akan dikeluarkan Polda Sulsel,” katanya.

Karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak berpesta dalam perayaan natal dan tahun baru. Masyarakat diminta tidak berkumpul yang memicu terjadinya kerumunan.

“Alangkah lebih berbahagia kalau membuat kegiatan di rumah saja, kumpul bersama keluarga dan bermunajat,” ucapnya.

(Andi Akbar/Humas Polda Sulsel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top