Kronik polri

Kapolres Batanghari Silaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Batanghari

BATANGHARI – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Untuk menciptakan situasi kamtibmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kapolres mengadakan silaturahmi kepada tokoh adat dan Agama di Kabupaten Batang Hari.

Silaturahmi ini bertemakan
” Kita Ciptakan Batanghari yang Aman, Damai dan Sehat guna menjaga Kamtibmas dan situasi yang kondusif” yang dilaksanakan di Caffe Muntaz’s Dan Resto Jaya 55 Muara Bulian pada Rabu 23/12 pukul 10.40 wib.

Acara silaturahmi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Batanghari (AKBP. HERU EKWANTO, S.I.K) dihadiri oleh
Pabung Kodim 0415 Batanghari Letkol. Inf. AT. Sihombing, Asisten II Setda Kab. Batanghari, M Rifai, SE, MM, Kasat Binmas Polres Batang Hari

Kapolres Batanghari AKBP. Heru Ekwanto S.I.K memaparkan “Sesi Perkenalan Kapolres Batanghari, Tentang perlunya sinergi lintas agama khususnya peranan FKUB Kab. Batanghari.

Dimasa Pandemi covid-19 yang menjadi perhatian bersama, Dan bersama-sama membanguan Kab. Batanghari sesuai tugas pokok masing-masing khususnya dalam perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 terutama masalah keamanan, sharing dan bertukar pendapat perlu kita lakukan.

  • Tentang menangkal paham radikalisme khususnya di Wilayah Kab. Batanghari menjadi tugas kita bersama.
  • Agar disampaikan ke seluruh jemaat gereja melalui Pendeta/ Pimpinan Gereja) untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di gereja/ rumah ibadah saat pelaksanaan ibadah umat Nasrani dalam upaya pencegahan penularan covid-19 dengan cara : membatasi jumlah jemaat, agar misa menggunakan zoom meeting, tidak ada acara tambahan, tidak membuat tenda (karena dengan adanya tenda berarti ada niat mengundang orang banyak), dan hal ini sudah saya tekankan kepada Kapolsek jajaran untuk menjadi atensi bersama.
  • Menyambut tahun baru nantinya diantisipasi jangan terjadi kerumunan dan tidak ada kembang api dan petasan.
  • Polres Batanghari dan Polsek jajaran tidak ada yang mengeluarkan izin keramaian dan mohon didukung upaya pendisiplinannya.

Sambutan dan arahan Ketu FKUB Kab. Batanghari oleh KH. PARLINDUNGAN HASIBUAN, menyampaikan Indikasi adanya aliran sempalan (darul tauhid alqobriyah) di Kab. Muaro Jambi dan Kota Madya, jangan sampai terdapat di Wilayah Kab. Batanghari.

Pada intinya tugas kita bersama (Amar ma’ruf nahi munkar) untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif di Wilayah Kab. Batanghari.

Dilanjutkan arahan Sekretaris FKUB BERNANDUS SIAGIAN, antara lain “Sangat mendukung apa yang dicanangkan oleh Pemerintah tentang protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Kami umat Nasrani khususnya Umat Katolik untuk mematuhi apa yang sudah di instruksikan oleh Pemerintah.

Kita harus mencintai kehidupan karena nyawa manusia taruhannya apabila protokol kesehatan tidak dijalankan dengan sebaik-baiknya”.

Ketua MUI Kab. Batanghari di wakili oleh Ketua Bidang Penelitian dan Pengkajian Dr. ANSORI, M.Pd.i ” dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Wilayah Kab. Batanghari kami mendukung apa yang disampaikan oleh Kapolres Batanghari dan oleh KH. PARLINDUNGAN HASIBUAN.

Sambutan Kesbangpol Kab. Batanghari oleh Kasi Penanganan Konflik (ANSORI, SP “Terus berkoordinasi dengan Pihak terkait seperti Kodim, Korem dan Polres Batanghari khususnya dalam penanganan konflik di Wilayah Kab. Batanghari”
.
RIDWAN. YS selaku FKUB Pihak Adat BTH menyatakan “Mendukung program dari Pemerintah khususnya Polres Batanghari dan selalu menghimbau kepada Masyarakat di Kab. Batanghari untuk tidak membuat keramaian atau acara yang mengundang khalayak ramai

Sambutan Bupati Batanghari diwakili oleh Asisten II Setda Kab. Batanghari MUHAMAD RIFAI, SE, MM, antara lain “Pemerintah Daerah tetap mengacu pada Perda nomor 65 th 2020 ttg penegakan penerapan disiplin protokol kesehatan dalam rangka penanggulangan penyebaran covid-19.

Bekerja sesuai tugas pokok masing masing dan saling bekerjasama dalam mendukung Pemerintah menegakkan protokol kesehatan, penanggulangan penyebaran covid-19″

Pabung Kodim 0415 Batanghari Letkol. Inf. AT. SIHOMBING menyampaikan
“Bersatu melakukan hal hal terbaik khususnya menyikapi isu isu yang berkembang dan khususnya penanggulangan covid 19 karena pandemi ini bukan lagi di Indonesia tapi sudah dunia.

TNI membackup setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah.

Memutus mata rantai pandemi covid 19 ini menjadi tugas kita bersama.

Apa yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah kita dukung semua dan kita harus komitmen bersama untuk menjaga situasi yang aman kondusif dalam rangka merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam forum yang baik ini kita jaga kerukunan umat beragama”.

Kapolres Batanghari menambahkan “bahwa lebih baik berbuat dan menuai resiko daripada tidak berbuat namun menimbulkan resiko”, Seluruh peserta acara bersepakat untuk mendukung terwujudnya kamtibmas dalam perayaan natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021.

Seluruh peserta acara sepakat untuk bersama sama turut menangulangi atau memutus mata rantai penyebaran Covid 19. (*/Dd)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top