Liputan Seputar TNI

Kompetisi Kreativitas dan Vocal Group Koarmada III Jadi Pembuktian Prajurit Inovatif

SORONG – persbhayangkara.id PAPUA BARAT

Prajurit Komando Armada (Koarmada) III terbukti kreatif dan inovatif. Para prajurit memiliki kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada, dan menjadikannya suatu hal baru.

Kemampuan Prajurit Koarmada III ini dibuktikan pada ajang Lomba Kreativitas dan Vocal Group/Paduan Suara Koarmada III, yang diselenggarakan dalam rangka memeringat Hari Armada RI tahun 2020 selama dua pekan. Puncak kompetisi ini diselenggarakan dengan menampilkan seluruh kreativitas dan olah vocal prajurit di Mako Koarmada III Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat, Selasa (15/12/2020).

Pada kompetisi kreativitas ini dipamerkan 30 buah karya prajurit dengan aneka ragam produk, antara lain lukisan SSAT dan ukiran bonggol bambu, pengolahan ikan laut menjadi kerupuk, miniatur kapal, instalasi hidroponik, lampu tidur, bonsai kelapa, hardscape kayu bakau, aksesoris dari biji buah Jenitri, peta terbuat dari koran bekas, perangkap ikan, kaligrafi, lampion, aquarium, bohlam lampu bekas, hand bouquet, penyangga ponsel, alat pengelola air hujan menjadi air mineral, dan berbagai kreativitas lainnya.

Tidak kalah menariknya adalah penampilan sembilan finalis vocal group yang mewakili kewasgiatan jajaran Koarmada III, dimulai Denma, kemudian berturut-turut penampilan Staf Logistik, Staf Komlek, Staf Perencanaan dan Anggaran, Staf Operasi 2 (Satkopaska), Staf Intelijen, Staf Potensi Maritim, Staf Personel, dan Staf Operasi 1.

Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) mengatakan bahwa lomba krestivitas ini bertujuan untuk menggali potensi sekaligus mengasah bakat prajurit, sehingga meningkatkan prestasi. Para prajurit terbukti memiliki kemampuan melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa pikiran maupun karya nyata.

Dari potensi kreatifnya, para prajurit menunjukkan hasil karya dan kinerja yang baik, dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas. “Saya bangga dan terharu kalian memiliki potensi sehebat ini. Di tengah kesibukan tugas sehari-hari, para prajurit bisa berkarya membuat produk yang berkualitas seperti ini,” ujarnya.

Pangkoarmada III juga menegaskan kepada prajurit agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Trisila TNI AL. “Taati segala peraturan dan senantiasa berdisiplin tinggi, tegasnya.

Selanjutnya, pengumuman penilaian tim juri yang terdiri dari Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Inspektur Koarmada III Laksma TNI Hendri Suprianto, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Lilik Suparyana, S.T., M.Tr. (Han). Juara pertama vocal group diraih kewasgiatan Staf Personel, juara kedua diraih Staf Intelijen, dan juara ketiga diraih Staf Operasi 1.

Sementara itu, Juara pertama lomba kreativitas diraih Letkol Laut (KH) Ir. Putut Wisnu Broto (Sahli Pangkoarmada III) dengan karya pengolahan ikan laut menjadi kerupuk, juara kedua Kopka Mpu Diar (Satuan Udara) dengan lukisan SSAT dan ukiran bonggol bambu, dan juara ketiga tim Satkopaska “AGAS” yaitu mounting dalam menempatkan senjata di Heli, Sea Rider, Kal dan Ranpur lainnya.

Penyerahan hadiah lomba vocal group masing-masing juara pertama diserahkan Pangkoarmada III, juara kedua Ir Koarmada III, dan juara ketiga diserahkan Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto. Sementara penyerahan hadiah lomba kreativitas yakni juara pertama diserahkan Pangkoarmada III, juara kedua Kepala Staf Koarmada III, dan juara ketiga disampaikan Kapok Sahli Pangkoarmada III kepada para juara lomba masing-masing.(Ezl)

Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top