Liputan Seputar TNI

Tampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL Saat Pukau Masyarakat Tarakan

TARAKAN – persbhayangkara.id KALIMANTAN UTARA

Kehadiran Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) disetiap kota pelabuhan yang disinggahinya selalu mendapat sambutan antusias dari masyarakat, salah satu tampilan yang dinantikan dan memukau adalah saat Genderang Suling Gita Jala Taruna dimainkan calon-calon perwira TNI AL ini, seperti display GS Gita Jala Taruna di Lapangan Mako Lantamal XIII Tarakan, Kalimantan Utara, Senin, (23/11).

Palaklat KJK 2020 Letkol Laut (P) Aris Dianto, M.Han menyampaikan penyelenggaraan display ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dimana Prokes 3 M tetap dijalankan dan sebelumnya didahului dengan pengecekan suhu dan menyemprotkan cairan disinfektan kepada seluruh tamu yang hadir.

Display GS Gita Jala Taruna lanjut Palaklat, diawali dengan laporan oleh Taruna Seksi Acara kepada Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, setelah itu display dimainkan dibawah pimpinan PJS Tambur Mayor 1 Sermadatar (P) Gregorius Galiel Situmorang, PJS Tambur Mayor 2 Sermadatar (S) Rizqi Taufiqrokhman, PJS Tambur Mayor 3 Sermadatar (P) Devi Maulidya dan PJS Tambur Mayor 4 Sermadatar (S) Tresna Aulia.

Pada display kali ini tambah Palaklat, GS Gita Jala Taruna menampilkan beberapa formasi, yaitu Formasi T merupakan awal dari kata Taruna yang harus memiliki sikap Tanggap, Tanggon, dan Trengginas.

Kemudian formasi kedua, menampilkan Formasi AAL yang diiringi lagu Akabri Jaya merupakan singkatan dari Akademi Angkatan Laut yang merupakan tempat bagi para Taruna untuk menyiapkan jati dirinya guna menjadi generasi penerus bagi Angkatan Laut di masa yang akan datang.

Menurutnya, di AAL para Taruna dididik, dibina dan ditempa guna menjadikan dirinya sebagai seorang perwira yang handal serta perwira yang cakap dengan memegang teguh Disiplin, Hirarki serta Kehormatan Militer.

Formasi ketiga yaitu Formasi 67 dengan diiringi lagu Kelap Kelip. Angka 67 berarti bahwa para Taruna AAL Angkatan Ke-67 yang selalu bangga akan almamater tercinta, serta siap menjadi calon pemimpin TNI AL di masa depan dengan selalu berpegang teguh pada Pancasila, Sapta Marga serta Sumpah Prajurit akan senantiasa menjadi pedoman kami Para Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke-67.

Dan sebagai penutup, mereka menampilkan Formasi 5 Banjar dengan diiringi lagu Selamat Jalan. Terlihat jelas semangat Genderang Suling Gita Jala Taruna, berjalan tegak selaras dengan alunan nada yang dikumandangkan.

Hadir dalam acara tersebut Danlantamal XIII Laksma TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si., PJS. Gubernur Kaltara Dr. H. Setyabudi M. Pd., Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Suratno S.I.P, Kabinda Kaltara Brigjen TNI Sulaiman.

Hadir juga Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Ria Sudihartawan, Ketua DJA XIII Ny. Putri Haris Bima, Kadepjas AAL Kolonel Mar Drs. Sonny Kunila, Kadeppel AAL Kolonel Laut (P) Maman Nuracman, Dansatban Kolonel Laut (P) Budi Santosa, Kajari Tarakan Fahturi, S.H, M.H. serta Kepala Kantor Bea Cukai Tarakan Minhajuddin Napsah, S.T.(Ezl)

Sumber : Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top