Kronik polri

Antisipasi Karhutla, Polsek Katingan Kuala Intensif Lakukan Himbauan dan Sosialisasi

KATINGAN – persbhayangkara.id KALTENG

Anggota Polsek Katingan Kuala Bripka Hodie bersama dengan TNI dan BPBD melaksanakan patroli sinergitas ke daerah rawan karhutla dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Senin (23/11/2020) siang.

Selain melakukan patroli petugas gabungan juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang bermukim disekitar hutan dan lahan yang rawan terbakar untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan dengan cara tidak melakukan pembalakan liar dan tidak membakar hutan.

“Kita juga mengimbau warga untuk tidak membakar sampah ataupun ranting dan semak untuk membuka lahan baru, karena jika dibiarkan akan menjalar dan menimbulkan kobaran api yang luas”ungkap Bripka Hodie

Kapolres Katingan, Polda Kalteng AKBP Andri Siswan Ansyah, S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Katingan Kuala Iptu Made Suta. lebih lanjut menjelaskan jika kebakaran hutan terjadi maka tentu akan merusak ekosistem yang dampak akhirnya juga akan merugikan masyarakat luas.

“Kita ambil contoh semisal terjadi kebakaran hutan yang cukup luas yang menyebabkan lahan tersebut gundul, ketika memasuki musim penghujan pohon yang bertugas untuk menyerap air sudah tidak ada sehingga menyebabkan air merembes hingga ke pemukiman warga dan menyebabkan banjir, tentu kita semua yang menerima dampaknya, kemudian dari kabut asap yang dihasilkan dapat merugikan kesehatan kita, serta dampak ekonomis lainnya,”jelas Kapolsek.

Maka dari itu patroli hutan perlu intensif dilakukan dengan menjalin sinergi bersama stakeholder terkait untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah kita. (yo/4b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top