Kronik polri

Kapolsek bersama Danramil Kawali Dampingi Bupati Ciamis “Gerakan Meulak Tangkal Ngahejokeun Leuweung”

CIAMIS – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Kapolsek Kawali Kompol Kusnadi Erisyadi bersama Danramil 1307/Kawali Mayor Inf Miskam mendampingi Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya melaksanakan kegiatan kepedulian lingkungan di kawasan Gunung Sawal. Kepedulian lingkungan ini dibuktikan dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar Lereng Gunung Sawal, Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (5 November 2020).

Kegiatan penanaman yang bertemakan “Gerakan Melak Tangkal Ngahejokeun Leuweung” ini diikuti oleh 200 peserta. Turut serta hadir Kepala Cabang Dinas Kehutanan VII Provinsi Jawa Barat, Drs. Ucu Saipudin, Kadis DPRKLH Ciamis, Taufik Gumelar, Camat Lumbung, Camat Kawali, Kepala Desa Cikupa, Anggota BPBD Ciamis, dab Komunitas Pelindung (Peduli Lingkungan dan Gunung).

Kegiatan diawali dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis dari Ketua Komunitas Pelindung kepada Bupati Ciamis. Sebanyak 1.500 bibit tanaman nantinya akan ditanam di kawasan Lereng Gunung Sawal Dusun Cikupa Desa Cikupa Kecamatan Lumbung.

Ketua Panitia Gun Gun Guntara mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja dari berbagai pihak mulai dari Komunitas Pelindung dan dinas terkait lainnya. “Semoga kegiatan ini dapat membuat Gunung Sawal semakin hijau dan dapat meningkatkan cadangan sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepapa Cabang Dinas Kehutanan VII Provinsi Jawa Barat Kabupaten Ciamis, Drs. Ucu Saipudin menuturkan, Dinas Kehutanan Cabang Ciamis ini membawahi hutan di dua kabupaten dan satu kota yakni, Kabupaten Ciamis dan Pangandaran serta Kota Banjar. Selain itu juga pihaknya mempunyai kelompok tani hutan yang sangat banyak dan membantu dalam hal menjaga kelestarian lingkungan kawasan hutan.

“Kami harapkan acara ini bukan hanya acata seremonial semata, tetapi kami harap agar kegiatan peduli hutan selalu berkesinambungan agar fungsi hutan dapat terjaga sesuai harapan bersama,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh komunitas peduli hutan yang sudahbsusah payah menjaga aset dan keasrian hutan. Hutan yang ada diwilayah Ciamis adalah hutan konservasi, hutan produksi dan hutan margasatwa.

“Tugas kita bersama untuk menjaga kelestarian hutan agar dapat tetap terjaga sesuai dengan fungsinya yakni menyimpan air. Sebab air adalah sumber kehidupan, maka ciptakan lingkungan yang baik dan bersih dimanapun kita berada agar Kabupaten Ciamis semakin dinamis. Salam lestari,” pungkas Bupati setelah melakukan penanaman dan peninjauan area lereng Gunung Sawal di Dusun Cikupa. (Deded.Skr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top