Kronik polri

Dirbinmas Polda Kalteng Gelar Binluh Masyarakat di Polres Kobar

KOTAWARINGIN BARAT – persbhayangkara.id KALTENG

Direktur Binmas Polda Kalteng, Kombes Pol Ebet Gunardar memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada bhabinkamtibmas Polres Kotawaringin Barat (Kobar), tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Kegiatan binluh tersebut dalam rangka penanganan Covid 19, netralitas Polri dalam pemilihan serentak, deteksi dini terorisme dan radikalisme, pencegahan karhutla, sosialisasi Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa dan Pembinaan Potensi Masyarakat Guna Menmdukung Harkamtibmas yang Kondusif, bertempat di Aula Patriatama 95 Polres Kobar, Senin (26/10/2020) pagi.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah melalui Wakapolres Kompol Boni Ariefianto, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, bhabinkamtibmas dan komunitas DAD Kobar.

Dalam arahannya, Ebet Gunardar mengatakan, bahwa bhabinkamtibmas dan jajaran Satbinmas dalam melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan masker dan sosialisasi terkait peraturan Bupati tentang penanganan Covid 19 harus selalu menjaga kesehatan, istirahat yang cukup dan menggunakan APD seperti masker, Face shiled dan sarung tangan.

“Bhabinkamtibmas dan jajaran Satbinmas dalam kegiatan operasi yustisi harus memperhatikan kondisi dan kearifan lokal daerah masing masing dengan mengedepankan asas ultimum remidium yaitu penerapan sanksi pidana sebagai upaya terakhir, maka bhabinkmtibmas diharapkan dalam operasi yustisi covid 19 lebih mengedepankan edukasi/pembelajaran kepada masyarakat untuk menggunakan masker seperti memberikan masker bagi yang tidak memggunakan masker dan agar dihindari sanksi fisik,” jelas Ebet.

Penanganan Covid 19, lanjut dia, dapat melalui komunitas yang diharapkan akan meneruskan ke anggotanya, untuk itu bhabinkamtibmas dan jajaran sat binmas agar melakukan pembinaan terhadap komunitas yang ada didaerah masing-masing.

Bhabinkamtibmas selaku petugas polmas ditingkat desa merupakan ujung tombak pelayaan Polri kepada masyarakat untuk itu kearifan lokal harus diperhatikan dan dituntut kreatifitas serta dapat menjadi bhabinkamtibmas yang tangguh.

Selain itu, Dirbinmas bepesan kepada seluruh jajaran bhabinkamtibmas khusunya di Polres Kobar agar menggandeng seluruh unsur masyarakat guna menciptakan Pilkada yang aman, damai, sehat dan bersih.(dns/4b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top