Liputan Seputar TNI

Satrol Lantamal VII Laksanakan Latihan Penyelamatan Kapal

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal VII dibawah jajaran Koarmada II yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Tonny Sundah, melaksanakan Latihan Penyelamatan Kapal (PEK)TA 2020.

Latihan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 12 s.d. 14 Oktober 2020 di Mako Lantamal VII ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan prajurit KRI dan KAL terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran dan kebakaran kapal.

Tonny-sapaan karib Dansatrol menerangkan, jika rangkaian Latihan Penyelamatan Kapal unsur Satrol Lantamal VII diawali dengan pemberian materi berupa pembekalan tentang Organisasi Penyelamatan Kapal, Teori Kebakaran dan Kebocoran, Pengenalan Alat Bantu PEK yang ada di KRI/KAL, serta penggunaan Alat Penanggulangan Bahaya Kebakaran maupun Bahaya Kebocoran.

” Setelah memahami seluruh materi dan penggunaan peralatan, selanjutnya dilaksanakan Drill Latihan Peran Kebakaran dan Kebocoran yang disimulasikan terjadi di KRI Tongkol-813 dan KAL Weling II-7-15. Disimulasikan juga salah seorang prajurit KRI lemas karena banyak menghirup asap. Kemudian terhadap korban dilaksanakan tindakan medis berupa pertolongan pertama oleh Bintara Kesehatan KRI, selanjutnya dibawa menggunakan tandu ke tempat yang lebih aman untuk tindakan medis lebih lanjut, ” jelas Tonny.

Sementara itu ditempat terpisah, Pangkoarmada II berharap kepada seluruh Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada II untuk selalu aktif dalam berlatih terkait bidang tugas yang digeluti, serta update terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kelautan agar terwujud TNI AL yang profesional dan handal.(Ezl)

Sumber : Hdx/Pen2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top