Liputan Seputar TNI

Di Sela-sela Kesibukan TMMD, Serka Sugiono Berikan Pembelajaran Wawasan dan Bela Negara di SD Terpencil

MALINAU – persbhayangkara.id KALIMANTAN UTARA

SD Filial Dusun Liyu Mahan yang memiliki murid berjumlah 20 orang siswa-siswi ini terletak di RT 06, Desa Long loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Malinau, Kalimantan Utara.

Ternyata statusnya adalah cabang dari SDN 004 Bilabekayu, Long Loreh, dengan tenaga pendidik hanya berjumlah 3 orang, yaitu Yunus Romulis S.pd, Alang Ajang dan Igay S.pdk.

Dengan melihat kondisi seperti ini, jelas bahwa untuk anak-anak didik akan kesulitan mendapatkan pelajaran-pelajaran yang setara dengan temennya di sekolah SD lainnya, dan hal ini semestinya harus mendapat perhatian yang serius dari Dinas Pendidikan setempat, agar bisa memberdayakan SD Filial secara maksimal agar mutu pendidikan disamakan dengan SD yang lain, agar bisa terserap dan tidak ketinggalan pelajaran.

Kami menginginkan kalau bisa SD ini meningkat menjadi SDN, dan ini juga harapan warga Dusun disekitar sekolah ini, ucap salah seorang guru yang tidak mau disebutkan namanya.

Hal inilah yang menggugah hati Satgas TMMD Serka Sugiono untuk memberikan pembelajaran tentang wawasan dan Bela Negara, walaupun Serka Sugiono sehari-harinya disibukan oleh kegiatan TMMD sasaran semenisasi jalan.

Serka Sugiono mengatakan pekerjaan fisik yang dikerjakannya tidak mengganggu untuk mengajar di sekolah tersebut, mengajar anak-anak ini juga merupakan program TMMD walaupun tidak terjadwal pada diri saya.
” Memberikan pengetahuan wawasan dan Bela Negara ini wajib disampaikan kepada mereka, agar jiwa nasionalisme tidak luntur dan terus melekat pada diri mereka. Pada seusia mereka inilah sudah harus kita tanamkan pengetahuan tentang wawasan dan Bela Negara, agar rasa cinta pada negeri ini tertanam dihati mereka.”(Ezl,Pendim 0910)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top