Kronik polri

Cegah Karhutla, Polsek Arut Utara Sosialisasi dan Edukasi Pendekatan “Humanis” Himbawan ke Masyarakat agar Tidak Membakar Lahan

KOTAWARINGIN BARAT – persbhayangkara.id KALTENG

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi ke masyarakat tentang bahayanya, Sabtu (10/10/2020) siang.

Dengan pendekatan “Humanis” sosialisasi dan edukasi pembersihan  lahan tanpa dibakar sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat masih adanya masyarakat yang membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Hal inilah yang dilakukan oleh personel Polsek Arut Utara (Aruta) jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Polda Kalteng dengan melakukan sambang lahan warga di Kecamatan Aruta.

Dalam sosialisasi ini, diharapkan masyarakat mengetahui bahaya dan sanksi yang diberikan jika melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Kami berharap dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau, dihimbau kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap alam dan lingkungan,” ujar Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melalui Kapolsek Aruta Ipda Rahis.

Selain itu, Rahis menambahkan, saat ini pihaknya mengedepankan upaya pencegahan erlebih dahulu. Termasuk memberikan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla, sekaligus menghimbau warga tidak melakukan pembersihan dengan cara membakar.

“Silahkan masyarakat para pemilik lahan membersihkan lahannya, akan tetapi diharapkan jangan dengan cara membakar,” tambahnya.(dns//mal,4b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top