Kronik polri

Kapolres Bersama Ketua Bhayangkari Kobar Ikuti Rapid Test

KOTAWARINGIN BARAT – persbhayangkara.id KALTENG

Dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease ( Covid-19) Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Andi Kirana bersama Ketua Bhayangkari Kobar Ny. Suci Andi Kirana mengikuti Rapid test yang digelar YKB 19 Kobar, Kamis (8/10/2020) pukul 10.30 WIB.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo melalui Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana mengatakan, rapid test ini adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Virus Corona.

Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu di ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

“Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19,” jelas Kapolres.

Menurutnya tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) atau biasa di sebut dengan Swab test. Pemeriksaan ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus rapid test.

“Ia juga mengatakan upaya ini sebagai langkah antisipasi karena bagaimana pun Polri sebagai garda terdepan dalam hal melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan penyebaran Covid -19 dan rentan tertular Covid-19,” ucap Kapolres.(dns/4b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top