Liputan Seputar TNI

Wakili Komandan, Palaksa Lanal Yogyakarta Berikan Penekanan Protokol Kesehatan serta Motivasi kepada Peserta Seleksi Calon Prajurit Bintara dan Tamtama TNI AL

YOGYAKARTA – PERSBHAYANGKARA.ID

Dalam upaya terlaksananya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan memberikan motivasi dalam mengikuti tes seleksi penerimaan prajurit TNI AL, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek, S.E., D.S.D.S., M.A.S.S yang diwakili Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto memberikan pengarahan kepada peserta seleksi Calon Bintara (Caba) pria dan wanita serta Calon Tamtama (Cata) Tahun 2020 Panitia Daerah (Panda) Lanal Yogyakarta, bertempat di lapangan bola desa Baturetno, Banguntapan, Bantul Yogyakarta pada Selasa (6/10).

Meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19 berlangsung di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), animo pandaftar seleksi calon prajurit TNI AL Tahun 2020 oleh Panda Lanal Yogyakarta tercatat sesuai daftar hadir sebanyak 1.371 orang terdiri dari peserta Caba pria 853 orang, Caba wanita 256 orang dan Cata 262 orang, dengan rencana pelaksanaan tes seleksi mulai tanggal 7 Oktober 2020 bertempat di Mako Sementara Lanal Yogyakarta Jl. Wiyoro No. 21 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Dalam kesempatan memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta seleksi calon prajurit TNI AL tersebut, Palaksa Lanal Yogyakarta didampingi para perwira dan staf terkait, menyampaikan beberapa hal diantaranya penekanan bahwa karena situasi masih dalam pandemi Covid-19, selama pelaksanaan tes seleksi para calon diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-1919 dari pemerintah yakni wajib menggunakan masker, cuci tangan dan melaksanakan phisycal distancing dengan menjaga jarak.

Lebih lanjut disampaikan terkait motivasi bahwa para peserta seleksi sekalian merupakan patriot bangsa karena mempunyai jiwa dan semangat untuk ikut serta membela negara, melalui seleksi masuk penerimaan prajurit TNI AL dalam rangka untuk mengabdi kepada negara dan bangsa Republik Indonesia.

Sebagai himbauan disampaikan bahwa selama mengikuti tes seleksi tidak ada pungutan uang sepeserpun untuk biaya baik itu dari anggota TNI AL maupun dari oknum yang mengaku dapat membantu kelancaran kelulusan, jika ada yang menghubungi kalian berkaitan dengan biaya selama seleksi abaikan saja dan segera laporkan kepada pihak kepolisian ataupun Lanal Yogyakarta agar ditindak lanjuti.

“Laksanakan setiap materi tes dengan baik dan sungguh-sungguh, tanpa kecurangan dan jangan sekali-kali berbuat kolusi. Siapkan diri kalian sebaik-baiknya dengan membina mental dan melatih fisik untuk kesiapan mengikuti materi tes yang akan diberikan oleh panitia serta tidak lupa senantiasa rajin berdoa dan meminta restu kedua orang tua, sehingga kalian bisa diterima dan menjadi prajurit TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas karena syarat prajurit dengan mental dan fisik yang kuat, tidak ada prajurit yang lemah”, tegas Palaksa Lanal Yogyakarta.

Adapun sebelum kegiatan dilaksanakan, seluruh peserta seleksi wajib mengumpulkan surat keterangan hasil rapid test, bagi peserta yang belum dapat menunjukkan surat keterangan rapid test untuk melaksanakan rapid test di Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta di Jl. Bintaran Kidul 14 Wirogunan Yogyakarta.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top