Liputan Seputar TNI

Kegiatan Sampingan Beternak Domba Danramil Watulimo 0806/07

TRENGGALEK – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kecintaannya akan domba, menjadikannya tertarik dengan kegiatan ternak hewan ruminansia atau hewan pemakan serat.

Ditemui di kediaman orang tuanya, di Dusun Sentul RT 05 RW 02 Desa Sukosari Kecamatan Trenggalek, beliau sedang memberikan pakan kepada ternak peliharaannya, Jum’at sore (2/10/2020)..

Pakan hewan ternak peliharaannya, diproduksi sendiri, hampir menyerupai konsentrat. Bahan-bahan untuk pembuatan pakan ternaknya, memanfaatkan tanaman yang ada disekitarnya. Seperti, pelepah daun pisang kering, batang pohon jagung kering, dan daun-daun sebagai campuran.

Proses pembuatannya sangat sederhana sekali dan biayanya sangat murah. Pertama, pelepah pisang yang kering, batang jagung yang kering, dan daun-daun dipotong kecil-kecil di mesin pencacah. Setelah itu, hasil dari cacahan tersebut di taruh di lantai. Kemudian, dicampur dengan katul atau dedak, konsentrat produksi sendiri, prebiotik, dan air. Diaduk-aduk, hingga merata. Kemudian dimasukkan ke dalam wadah tong plastik, dipadatkan, ditutup rapat, disimpan untuk fermentasi, minimal empat minggu. Fermentasi bisa dilakukan dalam jangka waktu tiga tahun.

Pakan ternak hasil dari fermentasi tadi yang akan diberikan ke ternak tadi, di angin-anginkan selama 15 menit, untuk menghilangkan kandungan gas metanolnya.

Kegiatan sampingan Danramil 0806/07 Watulimo, Kapten (Inf) Pardol, selain beternak domba, juga mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak khusus untuk hewan ruminansia atau hewan pemakan serat.

Banyak peserta pelatihannya dari luar Trenggalek, bahkan sampai luar propinsi Jawa Timur, seperti Jawa Tengah, Sumatera, dan lain-lain.

Namun sayangnya, pelatihan pembuatan pakan ternak tersebut, belum terdengar oleh Sub Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek. Ia berharap, agar dinas terkait mau bekerja sama dengannya.

Kegiatan sampingannya ini, selain pembuatan pakan, juga menyediakan domba untuk bibit, indukan, dan konsumsi.

(budi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top