Kronik polri

Laboratorium Forensik Merupakan Pilar Utama Penyidikan Secara Ilmiah

MEDAN – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Polda Sumatera Utara adakan dialog interaktif Halo Polisi yang dilaksanakan pada hari Rabu 30 september 2020 sekitar pukul 15.00 – 16.00 WIB, pelaksanaan dialog tetap melalui daring telepon di 94.3 FM Pro 1 RRI Medan dengan presenter Asma Lubis.

Dari Polda Sumatera Utara sebagai narasumber Kombes Pol Sodiq Pratomo S.Si, M.Si selaku Kabid Labfor dan Wakabid Labfor AKBP Ungkap Siahaan S.Si, M.Si, didampingi dari Humas yaitu Kaur Mitra Polda Sumut Kompol Sahat Tarigan SH.

Dalam dialog ini topik yang diangkat yakni, “Bidang Labfor Polda Sumut melakukan pemeriksaan secara Ilmiah dengan memakai Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19”.

Labfor Polda Sumatera Utara ini dalam melaksanakan pekerjaannya tetap dengan cara profesional, dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, mendukung pelaksanaan penegakan hukum di seluruh wilayah pelayanannya guna terciptanya kepastian hukum, dan serta terwujudnya masyarakat hukum yang berwawasan forensik. Bid. Labfor ini disamping melayani Polda Sumatera Utara, juga melayani beberapa Polda, yakni Riau, Kepri dan Aceh.

Laboratorium forensik merupakan pilar utama penyidikan secara ilmiah, dengan menerapkan ilmu forensik untuk mendukung penyidikan berupa “Science Crime Investigation”, yakni proses penyidikan yang dalam sistem pembuktiannya memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi atau memanfaatkan ilmu forensik, dan dalam pelaksanaan kinerjanya tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Situasi berjalan tertib dan lancar dengan mematuhi Protokol Kesehatan, dengan memakai Masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

Acara ini cukup banyak pemirsa yang antusias bertanya tentang penanganan teknis-teknisnya, dan gimana sebenarnya kinerja dari Bidang Labfor Polda Sumatera Utara.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top