Seputar TNI & POLRI

Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan

MERANGIN – persbhayangkara.id JAMBI

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., menyampaikan di masa Pandemi Covid 19, kegiatan perekonomian masih berjalan seperti biasa, namun lemahnya kesadaran masyarakat menggunakan masker, serta banyaknya kegiatan yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan.

“Saya menyarankan kembali yaitu pencegahan penyebaran Civid 19 dengan cara penyemprotan desinfektan kembali di setiap tempat pelayanan Publik”, ujar Dandim saat mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merangin yang dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Merangin H. Mashuri, S.Pd., MM di ruang Pola II Kantor Bupati Merangin, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut Dandim mengutarakan bahwa Perda No 63 Tahun 2020 yang telah dijalani, untuk itu kita harus memberikan tindakan tegas kepada pelanggar Protokol kesehatan, agar ada efek jera, “lanjutnya.

Mari kita aktifkan kembali Posko Batas, karena akhir akhir ini, setiap warga Kab Merangin yang reaktif semuanya memiliki riwayat perjalanan luar daerah.

Kita juga harus menyiapkan Tim Pemulasaran Jenazah dan tempat pemakaman khusus untuk pasien Covid 19, ” pungkas Dandim

Guna mencegah dan penanganan Covid-19 yang saat ini kembali meningkat di beberapa daerah, Plt Bupati Merangin meminta dihidupkan kembali Posko Covid 19 di setiap perbatasan atau pintu masuk ke Kabupaten Merangin, mulai dari tingkat Kabupaten Sampai dengan tingkat Desa.

Perlu diketahui bahwa Provinsi Jambi berada dalam zona kuning, dan Kabupaten Merangin masih dalam zona Hijau, untuk itu hari ini dimulai membuka belajar tatap muka di sekolah dasar yaitu kelas IV, V dan VI sementara untuk kelas I,II dan III masih belajar dari rumah.

Sementara itu, untuk rekam jejak Alm Thamrin warga Pematang Kandis yang diduga Positif Covid 19 meninggal di RSU Hanafie Bungo mulai dari hari ini sudah dilakukan penjajakan kontak langsung dengan Alm maupun keluarga Alm, “terang H. Mashuri.

Pada kesempatan lain, Kapolres Merangin menyampaikan Tim Gabungan TNI/Polri Satpol PP Kab Merangin beserta Tim Gugus Tugas Covid 19 telah melaksanakan Operasi Yustisi selama 2 Minggu terakhir, dan mengusulkan aktifkan kembali pemberkaluan jam malam.

“Kami harapkan kegiatan keramaian wajib menggunakan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, memakai masker, jaga jarak dan memeriksa suhu tubuh, dan kepada Tim Gugus agar mengecek setiap kegiatan keramaian apakah memang sudah menggunakan Protokol kesehatan atau belum”, harap Kapolres.

Kajari Merangin pun mengajak kepada Kepala OPD agar bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing.

“Saya engapresiasi kerja gugus tugas Kab Merangin selama ini, namun untuk saat ini harus kita tingkatkan lagi.

Untuk setiap kegiatan hajatan atau keramaian agar selalu menggunakan Protokol Kesehatan, diharapkan kepada Tim Gugus tugas agar slalu Standby untuk mengecek setiap tamu yang datang, ujarnya.

Rapat yang dipimpin oleh Plt. Bupati Merangin H. Mashuri, S.Pd., MM tersebut, juga dihadiri oleh Pj Sekda Kab Merangin H Hendri Maidalef, S.Sos., Wadanyon B Pelopor Satbrimobda Jambi AKP Ginda Silalahi dan Seluruh Kepala OPD dilingkup Pemkab Merangin yang tergabung dalam tugas Gugus Tugas Covid 19 Kab Merangin.

Diakhir acara, Pj Sekda Kab Merangin menyampaikan notulen hasil rapat yaitu walaupun Kabupaten Merangin sekarang berada dalam Zona hijau ini bukan tolak ukur kita selama pandemi Covid 19 ini, kita akan mengaktifkan kembali semua posko diperbatasan maupun Sekretariat Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Merangin.

Setiap kegiatan keramaian diharapkan agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan selama Pandemi Covid 19 ini.

TPU Covid 19 berada di Desa Sungai Ulak, akses jalan lewat disamping TMP Patriot Bhakti kebelakang.

“Kita akan membuat surat edaran Kepada Camat dalam Kab Merangin agar mengaktifkan kembali posko di Kecamatan, untuk pemberlakuan jam malam di wilayah Kab Merangin nanti akan dijadikan bahan masukan untuk kami kedepannya, “pungkas Pj Sekda. (Penremgapu).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top