Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas, bersama Jaga Pemilu Sehat,Jurdil dan Anti Politik Uang di Fave Hotel

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hari Jumat tanggal 25/9/20 pukul 09.00 sampai jam 11.00 wib, bertempat di Ballroom Fave hotel Jalan Jenggolo no 15 Pucang Kecamatan Kota Sidoarjo telah berlangsung dilaksanakan kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo tahun 2020 yang diikuti sekitar 75 orang, penanggung jawab,Haidar Munjid (Ketua Bawaslu Kabupaten Sidoarjo).

“Hadir dalam acara kegiatan tersebut,Plh. Bupati Sidoarjo Drs. Achmad Zaini, M.M (Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo).Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, M.Kes.Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji, S.H.Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi, S.H.Kajari Kabupaten Sidoarjo Setiawan Budi cahyono, S.H,. M.Hum.Kalanri Kabupaten Sidoarjo H. Moh. Muklis, S.H,. M.H.Ketua KPU Sidoarjo Mukhamad Iskak S.E beserta anggota komisioner.Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid beserta anggota komisioner.Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.Ketua dan Sekretaris Partai Politik Pendukung.LO (Liaison Officer) Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.Kabankesbangpol Kabupaten Sidoarjo Drs. Mulyawan S.Ip,. MM.Kepala Satpol PP Sidoarjo diwakili Udin S.H (Kasubdit Linmas Pol PP).Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman, Sp, Pros.Kepala Satgas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo.Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo diwakili Sekretaris. Camat se-Kabupaten Sidoarjo.Dan Awak Media.

Rangkaian kegiatan sebagai berikut,
dimulai jam pukul 09.00 wib Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya,pukul 09.08 wib, Pembacaan doa oleh Jamil, S.H,. M.H (Komisioner Bawaslu Kabupaten Sidoarjo).Dilanjutkan Sambutan Haidar Munjid (Ketua Bawaslu Sidoarjo).

Perlu kita ketahui bersama antara komisi II DPR RI dengan KPU Pusat dan Bawaslu Pusat telah menyepakati bersama bahwa Pilkada serentak tetap dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.Ini sebagai upaya pencegahan, disamping tugas pengawasan Pilkada bahwa Bawaslu juga melaksanakan upaya pencegahan dan pengawasan selama kegiatan Pilkada Kabupaten Sidoarjo.Keselamatan warga adalah yang paling utama, mudah-mudahan pelaksanaan deklarasi ini berjalan dengan lancar sampai akhir dan menjadi harapan kita agar dikabulkan Allah SWT.

Lalu jam pukul 09.18 wib, Sambutan Drs. Achmad Zaini, M.M (Plh. Bupati Sidoarjo),Mudah-mudahan kita semua bisa mengawal kegiatan Pilkada Kabupaten Sidoarjo dengan baik, saya ucapkan terima kasih kepada Bawaslu atas terselenggaranya acara ini. Selamat kepada para calon yang secara resmi ditetapkan KPU dan sudah mendapatkan nomor urut, Selamat berjuang demi Sidoarjo.Momentum yang penting, Pilkada kali ini diawali dengan dinamika adanya Covid-19 dan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua.

Konstelasi politik sudah dipanasi Pasangan calon baik dari barat, timur dan segala penjuru. Sampai saat ini masih terjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Sidoarjo. Semua tentu mengharapkan adanya Pilkada yang damai, sikap ini ditopang adanya kegiatan pakta integritas bersama jaga pemilu sehat dan jurdil serta mengedepankan protokol kesehatan.

Paslon Bupati saat ini menjadi tokoh sentral khususnya di wilayah Kabupaten Sidoarjo, selanjutnya masyarakat akan menjatuhkan sikap untuk memilih salah satu calon. Sudah semestinya Paslon dapat memanfaatkan waktu kampanye sebagai media komunikasi dengan masyarakat secara maksimal.Bahwa persaingan antara Paslon sangatlah ketat karena yang berkompetisi disini merupakan salah satu Kader terbaik Kabupaten Sidoarjo, semua pihak diharapkan mampu menciptakan Pilkada yang sehat.

Pesan Plt Bupati Sidoarjo, Hindarilah kampanye yang cenderung menimbulkan gesekan dan akan menimbulkan antisipasi dari masyarakat dan berdampak tidak mendapat simpati masyarakat.Kabupaten Sidoarjo saat ini masih zona oranye yang tidak menutup kemungkinan bisa kembali ke zona merah lagi, dalam waktu mencoba kita berusaha secara bertahap untuk berubah ke zona kuning, dan mari kita semua berdoa bersama sama semoga Kabupaten Sidoarjo mendapatkan pemimpin yang berintegritas lebih baik.

Jam pukul 09.32 wib,Pembacaan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yang dipandu oleh Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid beserta anggota komisioner yang diikuti oleh paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Bahwa kami Paslon Bupati dan wakil Bupati Sidoarjo, tim kampanye dan parpol pengusung demi menjaga suksesnya penyelenggaran serentak tahun 2020 serta memajukan dan melindungi masyarakat dengan pelaksanaan demokrasi yang sehat dan berintegritas kami siap untuk.

1) Disipilin menerapkan protokol kesehatan.
2) Mematuhi setiap tahapan kampanye.
3) Menghindari praktik politik uang dalam penyelenggaraan pemilihan tahun 2020.

Jam 09.35 wib, Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo oleh Paslon nomor urut 1 s.d Paslon nomor urut 3 dan parpol pengusung disaksikan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo. Dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo oleh saksi (Forkopimda Kabupaten Sidoarjo).

Jam 09.54 wib, Penyerahan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang oleh Haidar Munjid (Ketua Bawaslu Sidoarjo) kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo no urut 1 s.d no urut 3.Dilanjut Penyerahan Maklumat Kapolri oleh Kombespol Sumardji, S.H (Kapolresta Sidoarjo) kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo no urut 1 s.d no urut 3.

Jam 09.58 wib, Sesi Foto bersama antara Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dengan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo,lanjut jam 10.03 wib, Penyampaian Materi oleh Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji, S.H,semoga tahapan yang berjalan saat ini deklarasi, kami sudah menyampaikan bahwa sudah menyerahkan personel yang melekat kepada Paslon untuk mengawal selama pelaksanaan tahapan Pemilukada dan kami bekali anggota untuk melindungi dan menyelematkan jiwa raga Bapak Ibu pasangan calon.

Personel yang kita berikan adalah personel pilihan yang terbaik diantara 1.500 personel dan agar digunakan sebaik-baiknya, perlu kami sampaikan bahwa tugas kami hanya mengamankan dan saya yakin Sidoarjo akan damai sejahtera dan endingnya kondusif.Perlu diketahui bersama dan kita tahu perkembangan Covid-19 di Sidoarjo per tanggal hari ini bisa dikendalikan, untuk menuju ke zona kuning adalah tugas bersama. TNI POLRI akan menjadi wasit dan akan selalu berada di tengah – tengah Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Lanjut Penyampaian Materi dari M. Rasul (Komisioner Bawaslu Sidoarjo),Tujuan pemilihan sebagai berikut,1) Untuk melaksanakan kedaulatan rakyat.2) Perwujudan hak asasi rakyat.3) Memilih pemimpin daerah.4) Melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara damai aman dan tertib (secara konstitusional).
5) Untuk menjamin kesinambungan pembangunan nsional.

Unsur dalam pemilihan, regulasi (ketentuan yang mengatur terkait pemilihan), pemilih (Warga Negara Indonesia yang terdaftar dalam DPT).Jenis pelanggaran dalam pemilihan diantaranya pelanggaran administrasi (pelanggaran terkait tata cara mekanisme prosedur). Prinsip pemutahiran daftar pemilih, mutakhir valid, komperehensif.

Rangkaian kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo selesai berjalan dengan tertib, aman dan lancar,jam pukul 11.00 wib dibubarkan.

Pantauan tim awak media pers Bhayangkara, Bahwa kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat dan Jurdil dan anti politik uang dilaksanakan menindaklanjuti surat Bawaslu Propinsi Jatim no : 187/KJI/PM.00.01/IX/2020 tentang Pengawasan Penetapan Pasangan Calon dan Pengundian Nomor Urut.
Kegiatan Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas Bersama Jaga Pemilu Sehat Dan Jurdil dan anti politik uang dilaksanakan guna menjaga kondusifitas wilayah di Kabupaten Sidoarjo menjadi aman,damai dan sejuk.(sult)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top