Liputan Lintas Nasional

Diperketat, KPPP Kumai Tingkatkan Pemeriksaan Barang Bawaan Penumpang

KOTAWARINGIN BARAT – persbhayangkara.id KALTENG

Guna mengantisipasi masuknya barang-barang ilegal ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Propinsi Kalteng melalui jalur transportasi laut, secara terpadu dilakukan pemeriksaan barang dan penumpang kapal yang masuk di Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Seperti halnya KM Kelimutu, yang sandar pada Kamis (24/9/2020) pukul 10.55 WIB, Petugas dari Pospol KPPP Kumai, jajaran Polres Kobar, Polda Kalteng bersama anggota TNI AL, KSOP, PT PELNI, Kesehatan Pelabuhan, Karantina Hewan dan Tumbuhan serta Pelindo III Cabang Kumai melakukan pemeriksaan kapal yang membawa 120 penumpang dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melalui Kapospol KPPP Kumai, Iptu Sumarno mengatakan, pihaknya perlu memperketat pengawasan dan pemeriksaan sesuai standar operasional.

“Kita harus perketat pemeriksaan barang-barang bawaan untuk mengantisipasi masuknya barang illegal. Sehingga saat pemeriksaan dan ada yang dicurigai langsung diperiksa. Namun harus sesuai standar operasional prosedur,” ujarnya.

Ia menekankan setiap personel yang diterjunkan melaksanakan pengamanan kapal putih senantiasa diminta mengedepankan pelayanan yang persuasif. Semisal dengan sapa, senyum, dan salam.

Dikatakan, dalam pelaksanaan pemeriksaan barang bawaan penumpang kapal telah dilakukan dan berjalan lancar. “Dalam periksaan barang-barang, tidak kita temukan adanya barang illegal,” tukasnya.(dns/LH)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top