Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Tidak Terima Hasil Perhitungan Suara Kota Bitung, Massa Protes ke kantor KPU dalam Giat Sispamkota

BITUNG – persbhayangkara.id SULAWESI UTARA

Polres Bitung menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Guna antisipasi gangguan Kamtibmas menjelang Pilkada Kota Bitung yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Kegiatan dipusatkan dihalaman Stadion Dua Sudara, Kelurahan Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari Kota Bitung, Senin (21/09/2020).

Saat menggelar Simulasi Sispamkota Polres Bitung dihalaman Stadion Dua Sudara di pimpin langsung oleh Kapolres Bitung F. X. Winardi Prabowo SIK dengan mengusung tema, “Polres Bitung Siap Mengamankan Pilkada Serentak 2020,”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Bitung AKBP F. X. Winardi Prabowo SIK, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf. Benny Lesmana SE, Danyonmarhanlan VIII Bitung Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso MTr.Hanla .M. Sekda Kota Bitung Audy Pengemanan, Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampow, Bawaslu Kota Bitung Sammy Rumambi

Dalam Simulasi Sispamakota dilakukan skenario pengamanan ketika terjadi rusuh massa pada saat penghitungan suara. Dimana di Simulasikan ada salah satu kelompok pendukung pasangan calon yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU)Bitung.

Kemudian, Pihak pengamanan dari Polres Bitung pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mulai dari formasi Dalmas dan melibatkan seluruh personil Polres Bitung dari setiap satuan. hingga diturunkan mobil water cannon untuk mengurai massa yang di Simulasikan anarkis.

Kapolres Bitung AKBP F. X. Winardi Prabowo SIK mengatakan kegiatan Simulasi Sispamkota ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk persiapan Polres Bitung dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada 2020.

“Kami melaksanakan Simulasi pengamanan Pilkada ini untuk mempersiapkan diri dalam hal pengamanan setiap tahapan dan rangkaian Pilkada 2020.” ujar kapolres

dalam kegiatan Simulasi Sispamkota Pilkada 2020 juga melibatkan Personil Polres Bitung, Yonmarhanlan VIII Bitung dan Kodim 1310/Bitung. Dan untuk personil yang di libatkan dalam kegiatan Sispamkota ini ada 200 personil.

“tentunya lewat kegiatan ini seluruh personil yang terlibat baik Polri maupun TNI dan unsur lainnya dapat membangun keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di kota bitung” Tambahnya.
(joe94/Btg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top