Liputan Seputar TNI

Upacara Pembukaan Pra TMMD ke 109 Kodim 0816 Sidoarjo Tahun 2020

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Pada hari Rabu tanggal 15/9/2020 jam pukul 07.45 wib. Bertempat di Lapangan depan Balai Desa Kedungkembar Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo telah berlangsung dilaksanakan Upacara Pra TMMD ke 109 dengan Tema ” TMMD MENGABDI UNTUK NEGERI ” bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0816 Sidoarjo,Letkol Inf M. Iswan Nusi.SH.

Upacara tersebut dihadiri oleh segenap anggota Baret hijau,Letkol Inf Mohamad Iswan Nusi SH (Dandim 0816/Sidoarjo ),Kapten Cpl M. Khoiri ( Danramil 12/Prambon ),AKP Agus Sumbono SH ( Plh.Kapolsek Prambon ),Ronny yuliano warso. AP. M. HP ( Camat Prambon ),Drg. Silla (Kepala Puskesmas Prambon),Saipul Chawam ( PJ Kedungkembar ),Para Kepala SKPD Pemkab Sidoarjo,Perangkat Desa Kedungkembar,Ketua RT , RW , LPM Desa Kedungkembar,Toga, Tomas , Toda Desa Kedungkembar.

Selama giat upacara berlangsung seluruh pasukan harus tertata baik,ada Korsik Kodim 0816 Sidoarjo,Para Babinsa Kodim 0816 Sidoarjo,anggota jajaran Polsek Prambon,Perwakilan Perangkat Desa dan Ibu ibu PKK.

Serangkaian susunan kegiatan upacara TMMD,saat jam pukul 07.45 wib, Persiapan Upacara PRA TMMD ke 109 di Lapangan Depan Balai Desa Kedungkembar kecamatan Prambon di mulai, Komandan upacara memasuki lapangan upacara dan Inspektur upacara memasuki lapangan upacara.

Jam pukul 07.54 wib Amanat atau mandat dari Inspektur upacara, marilah kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho Nya, sampai saat ini kita masih diberikan keselamatan, kesehatan lahir dan batin
sehingga pada hari ini kita bersama dapat mengikuti Upacara Pra TMMD ke 109 TA. 2020, dalam keadaan sehat walafiat baik jasmani maupun rohani, dengan suasana penuh kebersamaan.

Perlu diketahui bersama, bahwa kegiatan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan serta memandukan unsur-unsur TNI, Kementerian,Lembaga pemerintahan non Kementerian dan Pemerintah daerah serta elemen masyarakat.Di dalam rangka membantu pemerintah untuk ikut serta mendukung akselerasi pembangunan nasional baik secara fisik maupun non fisik khususnya di wilayah-wilayah Desa yang memiliki pembangunan desa tertinggal.

Kegiatan TMMD mempuyai arti dan peran yang strategis dalam membangkitkan kembali nila-nilai luhur bangsa dan semangat kebersamaan, semangat kegotong royongan, semangat kemanunggalan TNI- Rakyat, sehingga diharapkan akan lahir kembali cinta tanah air, yang pada gilirannya dapat memperkuat rasa persatuan kesatuan, dalam mewujudkan kejahteraan, keamanan dan kemajuan bangsa.

Masih pesan Inspektur Upacara,oleh karenanya, melalui penyelenggaraan TMMD yang terencana dan terlaksana diharapkan dapat menjadi salah satu solusi sekaligus bentuk peran serta nyata kita dalam mempercepat upaya pembangunan daerah di berbagai pelosok nusantara. Kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang
sangat strategis dan efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan Tema “TMMD PENGABDIAN UNTUK NEGERI”, pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan Pra TMMD yang kita lakukan ini merupakan langkah awal untuk mengejar target sasaran fisik pembangunan pada saat TMMD yang sebenarnya dimulai. Pelaksanaan Pra TMMD ini dilaksanakan selama 30 hari dengan melibatkan semua unsur yang ada di Dinas Pemda maupun di Kodim 0816 Sidoarjo.

Selain itu sasaran pekerjaan Fisik Pra TMMD diharapkan mampu selesai 50 s.d 60 % dari target yang telah di tentukan sehingga pada saat pelaksanaan TMMD yang sebenarnya pasukan Satgas TMMD hanya menyelesaikan dan meneruskan dari hasil target pelaksanaan Pra TMMD,dan lanjut Pembacaan Doa.

Pengawalan atau Pembukaan TMMD diawali pula dengan Pemotongan Tumpeng oleh Dandim 0816 Sidoarjo.Sosialisasi kepada warga seluruh rangkaian kegiatan upacara Pra TMMD ke 109 di Desa Kedungkembar Kecamatan Prambon selesai di laksanakan dengan aman dan lancar.

Pantauan tim awak media persbhayangkara yang selalu berkolaborasi yang baik kepada TNI,Bahwa kegiatan TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan masyarakat serta memandukan unsur-unsur TNI, Kementerian,kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang sangat strategis dan efektif baik di lihat dari sisi pembangunan ekonomi , pertahanan keamanan , peningkatan cinta tanah air , kesadaran berbangsa dan bernegara.(Sulton)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top