Kronik polri

Ratusan Pelanggar Terjaring Operasi Razia Yustisi Protokol Kesehatan

TASIKMALAYA – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Mapolres Tasikmalaya Satuan Tugas Covid- 19, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, telah menggelar Oprasi Yustisi Pelanggar Protokol Kesehatan, selasa (15/09/2020). Kali ini operasi yustisi digelar di Perempatan Muktamar Cipasung Singaparna.  

Ratusan Pelanggar telah terjaring dalam operasi ini, beberapa orang diantaranya nekad melarikan diri. Ironisnya, petugas harus menegur keras seorang pelanggar yang sengaja keluar rumah tanpa masker. Pria paruh baya ini dengan lantang mengaku tidak takut Covid 19. Selain tahan flu, pria berbaju hijau ini berdalih kampung halamanya bebas kasus covid 19.

“Teu sieun ku covid Kuringmah,…. tahan flu,… Jabaning dilem bur mah euweuh…. corona;. (red: enggak takut covid saya mah, udah tahan flu dan dikampung juga enggak ada corona)”,

Ucap Uum Seorang pelanggar saat dimarahi petugas.
Sejumlah penumpang angkutan umum juga diturunkan paksa petugas, mereka kedapatan berkendara tanpa jaga jarak hingga tidak mengenakan masker. Menolak disanksi tilang, pelanggar ini memilih push up dihadapan petugas.
“Saya push up aja pak. Mau sepuluh dua puluh juga”, ungkap arif.
Lain halnya dengan aparatur sipil negara yang memgendarai kendaraan sedan putih. Bukanya berhenti, ASN ini justru tancap gas saat dihentikan berkendara tanpa masker.
Petugas gabungan dari satuan tugas covid 19 kabupaten Tasikmalaya menggelar oprasi yustisi hingga dua pekan kedepan. Sasaranya pelanggar protokol kesehatan mulai tidak mengenakan masker hingga abaikan jaga jarak.
Petugas mencatat seratus lebih pelanggar tanpa masker terpaksa ditilang sicaplang, sebuah aplikasi pencatatan pelanggar. Selain data pribadi, foto pelanggar juga diupload dalam aplikasi yang bisa diakses secara oneline. 
Pelanggar tidak bisa berbohong jika kembali terjaring operasi yustisi dan akan mendapat sangsi berat.

“Pelanggar yang tercatat Sicaplang sekitar 100 orang. Mereka kalau kejaring gak bisa bohong karena didata,. Ini penerapan sangsi pertama yah di Kabupaten Tasikmalaya”, Ucap Iwan Ridwan, kasat Pol PP Kabupaten Tasikmalaya.

Kesadaran menerapkan protokol kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya masih minim. Petugas menghimbau masyarakat agar selalu mengenakan masker diluar rumah. Oprasi yustisi digelar satuan tugas covid 19 selama dua pekan kedepan.

“kami himbau masyarakat agar protokol kesehatan dilakukan dengan kesadaran bukan karena kami bertindak beroprasi. Oprasi digelar dua pekan kedepan”, Ujar AKBP Hendria Lesmana SIK, Kapolres Tasikmalaya. 
Kasus terkonfirmasi positif covid 19 di kabupaten tasikmalaya jawa barat terus naik. Berdasarkan data satuan tugas covid 19, angka positif mencapai 50 orang. Kasus terbaru menimpa siswa sekolah dasar bersama ibu kandungnya. (Deded.Skr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top