Liputan Lintas Nasional

HM Ali Yusuf Siregar Lantik Pengurus LPTQ dan Lepas Khafilah Deli Serdang Pada MTQ ke- 37 Tk. Sumut

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar ,Jum’at (4/9), melantik pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Deli Serdang masa bakti 2020-2025, di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, sekaligus melepas Kafilah Deli Serdang pada MTQ-37 tingkat provinsi Sumatera Utara yang diadakan di kota TebingTinggi.

Hadir pada pelantikan itu, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Kabag Kabag. Adm Kesejahteraan Rakyat Mukti Ali Harahap, Kabag. Tata Usaha dan Pimpinan Muhammad Ari Mulyawan Simatupang, mewakili Kepala OPD, para pengurus LPTQ periode 2020-2025, dan peserta Kafilah Deli Serdang.

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa keberadaan LPTQ memiliki peranan yang sangat penting dan strategis, sebagai wadah konsolidasi program – program pengembangan Tilawatil Qur’an, serta menjadi motor penggerak didalam mensyiarkan agama Islam dan membina mental spiritual umat. Terlebih di tengah tantangan pengembangan Tilawatil Qur’an yang kian hari semakin kompleks, yang mengharuskan seluruh pengurus LPTQ untuk bekerja lebih cepat, profesional, mandiri serta melakukan penataan kelembagaan dan peningkatan kualitas pengurus, guna memantapkan langkah LPTQ kedepan, didalam mewujudkan peningkatan pemahaman masyarakat khususnya dalam hal mental spiritual.

Oleh karena itu, atas nama pemerintah Kabupaten Deli serdang, mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus LPTQ Kabupaten Deli Serdang masa bhakti 2020 – 2025 yang baru dikukuhkan, semoga momentum pengukuhan ini, semakin meneguhkan semangat dan komitmen kita bersama, untuk semakin membumikan Al-Qur’an di tengah – tengah masyarakat.

Bersamaan dengan pelantikan LPTQ Kabupaten Deli Serdang, hari ini kita juga akan melepas para Kafilah yang akan mewakili Kabupaten Deli Serdang untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an ke- 37 tingkat provinsi Sumatera Utara, yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 11 September 2020 di Kota Tebing Tinggi.

“Selamat kepada para Kafilah yang telah terpilih, jaga dan laksanakanlah amanah yang mulia ini dengan sebaik baiknya, dibarengi dengan semangat yang tinggi serta dijiwai dengan niat ibadah dan terus berjuang, untuk menjadi yang terbaik. Dan harus selalu diingat, bahwa keikutsertaan dalam MTQ ini, tujuan utamanya, bukanlah hanya untuk menjadi juara, akan tetapi lebih dari itu, harus dapat membangkitkan semangat para Kafilah didalam membaca, menghayati dan memaknai isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari – hari”, pesan Wabup.

Sebelumnya, Ketua Panitia Mukti Ali Harahap dalam laporannya mengatakan, Surat Keputusan Bupati Deli Serdang No. 183 Tahun 2020 tentang Pembentukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Deli Serdang Periode 2020-2025, dengan Ketua Umum LPTQ Deli Serdang yaitu Sekdakab Darwin Zein S.Sos dan Ketua Harian Dr. Sugeng Wanto.

Selanjutnya, Untuk Kafilah yang akan berjuang pada MTQ ke 37 provinsi Sumatera Utara di kota Tebing Tinggi berjumlah 71 Orang, yang terdiri dari 10 orang official, 6 orang pelatih, 4 orang pendamping, 51 orang peserta, dengan cabang yang akan diikuti yaitu, Tilawah anak-anak putra/putri, Tilawah remaja putra/putri, Tilawah dewasa putra/putri, tuna netra putra/putri, Tartil Qur’an putra/putri, Qira’at Sab’ah Mujawad putra/putri, Qira’at Sab’ah Murattal putra/putri, Hifzil Qur’an 1, 5, 10, 20 dan 30 juz putra/putri, Khattil Qur’an putra/putri, Syahril Qur’an putra/putri, fahmil Qur’an putra/putri, Tafsir Qur’an (Bahasa Arab dan Inggris) putra/putri dan malah ilmiah Al-Qur;an putra/putri.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top