Kronik polri

Dansatbrimob Dampingi Kapolda Kalteng Cek Kesiapan Pilkada di Kantor KPU Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA – persbhayangkara.id KALTENG

Menjelang Pilkada Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, didampingi Dansatbrimob Polda Kalteng Kombespol Bambang Widjanarko Baiin, serta Pejabat Utama Polda Kalteng melaksanakan pengecekkan di kantor KPU Provinsi Kalteng dan kantor Bawaslu Provinsi Kalteng, jalan Jendral Sudirman Kota palangka raya, Kamis (03/09/2020) pagi.

Pengecekkan ini dilaksanakan dalam rangka melihat situasi dan kondisi kesiapan pilkada tahun 2020 dan diskusi menyamakan visi dan persepsi dalam menyongsong pelaksaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2020 agar berjalan dengan aman dan damai.

Dalam pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, Bambang mengimbau kepada KPU Provinsi Kalteng untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama proses Pilkada berlangsung.


“Kita memberikan masukan yang menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, karena pemilu saat ini berbeda dengan pemilu sebelumnya. Saat ini penyelenggaraan pemilu berada masa pandemi Covid-19. Untuk itu protokol kesehatan harus tetap dijalankan, namun tidak mengurangi hak dari para pemilih,” ungkap Bambang.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga stabilitas keamanan daerah menjelang Pilkada tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah, Polda Kalteng terutama Satbrimob akan bekerja secara maksimal untuk mensukseskan Pilkada tersebut. Segala bentuk gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya Pilkada harus diminimalisir. Provinsi Kalimantan Tengah harus tetap kondusif hingga Pilkada berakhir.

“Sejauh ini Satbrimob Polda Kalteng sendiri telah menyiapkan kekuatan sebanyak 203 personel yang akan ditugaskan untuk mengamankan Pilkada tahun 2020, namun jika situasi mendadak tidak kondusif, maka Satbrimob siap untuk memberikan penambahan jumlah pasukan yang akan ditugaskan selama pilkada,” tuturnya.

Bambang menegaskan, Yang pasti, kita Polda Kalteng akan siap mengamankan Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah secara maksimal pada setiap tahapan-tahapannya, serta tim pengaman dari kepolisian juga akan memberikan pemahaman kepada para pemilih untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak pada saat pemilihan.

”Saya mengajak semua stakeholder, partai politik pendukung, LSM pendukung, dan masyarakat pendukung dari calon masing-masing untuk mengedepankan keamanan, serta utamakan protokol kesehatan,” tutupnya.(45R)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top