Seputar TNI & POLRI

Pandangan dari Mata Dunia : Sinergi TNI-Polri Ternyata Telah Terbina Sejak Lama

Jendral TNI Andika Perkasa, SE, MA, M.Sc, M.Phil, pH.D bersama adik kandungnya Komisaris Besar Pol Bhirawa Braja Paksa

MEDAN – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Sinergitas TNI-Polri yang belakangan ini sering terdengar dan gaungnya santer kepenjuru negeri, ternyata telah terbina dan terbangun sejak lama.

Terinspirasi dari tulisan kemarin tentang dimana kedua Jendral yang abang beradik, berbeda institusi telah membuktikan kesinergian dari pada TNI dan Polri.

Berdasarkan hal tersebut diatas, penulis mencoba menggali sumber yang ada, baik dari IT dan berita-berita dari media online, tentang kesinergian TNI-Polri di dalam sebuah keluarga, dan hasilnya benar-benar luar biasa yang penulis temukan.

Jendral TNI Andika Perkasa, SE, M.A, M.Sc, M.Phil, pH.D kelahiran di Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964, adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.

Andika merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987, dan jebolan universitas Harvard. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Ternyata Andika memiliki adik kandung, kemarin menjabat sebagai Dirlantas Polda Riau, yakni Komisaris Besar Pol Bhirawa Braja Paksa, yang kini dimutasi menempati jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Kamsel Korlantas Mabes Polri, dan sekarang lagi Sespemti Polri.

Kemudian Brigjen Pol Krisna Murti SIK, M. Si, kelahiran Ambon, Maluku, 15 Januari 1970, adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 20 Juli 2017 mengemban amanat sebagai Karomisinter Divhubinter Polri. Krishna yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini, sebelumnya, dia menjabat sebagai Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri.

Krisna juga memiki seorang adik kandung yang juga berpangkat Jenderal, yakni Brigjen TNI M. Fajar MPICT menjabat Komandan Korem 031/Wirabima sampai 9 April 2020, selanjutnya dimutasikan menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Teritorial (Danpusdikter), yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf. Toto Nurwanto, SIP, M.Si.

Ini adalah contoh kecil dari para perwira tinggi di dalam keluarga mereka, yang menunjukan kesinergian TNI-Polri itu sudah terbangun lama, hal ini menunjukkan kalau hubungan TNI dan Polri sebenarnya tidak gampang untuk dipisahkan.

Kalau kita mau jujur, bahkan bukan saja secara nasional, melainkan dari sudut pandangan mata “Dunia”, bahwa kesinergian antara 2 institusi ini bukan hanya terjadi pada perwira tinggi saja, melainkan sampai ketingkat prajurit, sinergitas antara 2 institusi ini tidak sedikit, baik itu bersaudara kandung berbeda institusi, ada orang tuanya dari TNI memiliki putra/putrinya di Polri, begitu juga bila orang tuanya di Polri memiliki putra/ putrinya di TNI, dan hal seperti ini tidak sedikit jumlahnya, dan kesinergian TNI-Polri ini hanya memiliki satu ibu, yaitu Ibu Pertiwi.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top