Liputan Berita Pemberantasan Narkoba ( Polri & BNN )

Polri, BNN, Pemerintah dan Masyarakat Bersama-sama Mempersempit Ruang Gerak Peredaran Narkoba

CIAMIS – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar melalui personel Satuan Reserse Narkoba menghadiri kegiatan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkup Instansi Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kegiatan yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis ini dilaksanakan di Zamrud Meeting Room Favehotel, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (1 September 2020).

Pada kesempatan tersebut, Sat Res Narkoba Polres Ciamis mengirimkan delegasinya KBO Sat Res Narkoba Ipda Edi Fermadi. Selain personel Sat Res Narkoba, Polres Ciamis juga mengirimkan beberapa personel Bhabinkamtibmas untuk mengikuti Raker yang diselenggarakan BNNK Ciamis.

Kegiatan Raker tersebut, diikuti sebanyak 30 orang dari berbagai Instansi di wilayah kerja BNNK Ciamis khususnya Pemkot Banjar dan Pemda Kabupaten Ciamis. Selain Polres Ciamis, mereka terdiri dari perwakilan Kodim 0613/Ciamis, Babinsa Kodim 0613/Ciamis, dan Dinas atau Instansi serta SKPD dari Pemkot Banjar dan Pemda Kabupaten Ciamis.

Sementara untuk dari BNNK Ciamis dihadiri langsung oleh Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., dan para Kasi BNNK Ciamis. Para Kasi itu diantaranya, Kasi Pemberantasan, Kasi P2M, dan Kasi Rehabilitasi.

Selaku narasumber, Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa tugas pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba atau P4GN bukan hanya Polri, BNN atau instansi terkait saja. Melainkan juga seluruh lapisan masyarakat, di semua lini agar peredarannya dapat semakin ditekan.

“Kita akan bentuk tim terpadu terkait P4GN guna menyukseskan pelaksanaan Inpres No.2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 menuju instansi Pemerintah yang bersih dari narkoba atau Bersinar,” kata Engkos.

“BNNK Ciamis menggulirkan Desa Bersinar, artinya Desa Bersih Narkoba,” pungkas Engkos.

Sementara itu, Kasi Pemberantasan BNNK Ciamis, Kompol Ricky Lesmana, SH., M.M., menambahkan, pihaknya terus berupaya sinergitas dan mengimplementasikan program P4GN. Sebab narkoba menjadi ancaman yang serius terhadap kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. Maka tidak ada cara lain selain Pemerintah maupun masyarakat melaksanakan P4GN.

“Melalui Rakor ini diharapkan para peserta memiliki pamahaman bahwa siapapun dapat ikut berkontribusi dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba. Mereka dapat mengajak masyarakat sekitarnya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari P4GN,” kata Kompol Ricky.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., melalui KBO Sat Res Narkoba Polres Ciamis mengatakan, keikutsertaan personel Polres Ciamis khususnya Sat Res Narkoba dan Bhabinkamtibmas merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait lainnya. Khususnya BNNK Ciamis dan Instansi terkait lainnya dalam upaya memberantas peredaran Narkoba di Indonesia khususnya Wilayah Hukum Polres Ciamis.

“Semoga dengan sinergitas yang terjalin solid antara Polri, BNN, dan Pemerintah serta masyarakat dapat bersama-sama mempersempit ruang gerak peredaran narkoba di Indonesia khususnya di Wilayah Hukum Polres Ciamis. Sehingga tidak ada lagi pengguna maupun pengedar narkoba yang merusak generasi penerus bangsa,” katanya. (Deded.Skr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top