Liputan Lintas Nasional

Pemdes Ngadirenggo Mendapatkan Bantuan Pembangunan Irigasi dari Das Berantas

TRENGGALEK – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Ditemui di Kantor Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek, Kepala Desa Ngadirenggo Mulyanto menyebutkan, bantuan pembangunan irigasi tersier dari Das Berantas di Surabaya, senilai 195 juta rupiah.

Dalam rencana, pembangunan irigasi dengan panjang 266 meter, tinggi kanan kiri 60 cm dengan pasangan batu, dan lebar menyesuaikan di lapangan.

“Kami alokasikan pembangunan saluran air atau irigasi di blok pesawahan Wadikidul. Karena pesawahan Wadikidul sering kurang air kalau musim kemarau,” ujar Mulyanto, Rabu (25/8/2020).

Menurutnya, jika saluran air atau irigasi terrealisasi akan sangat membantu petani pemilik sawah di Desa Ngadirenggo. Petani bisa tiga kali panen dalam setahun karena ketersediaan air akan terbantu irigasi.

Akan meningkatkan perekonomian masyarakat pertanian, tambahnya.

Pembangunan saluran irigasi di RT 11 Dusun Wadikidul Desa Ngadirenggo ini, dikerjakan sejak pertengahan bulan Agustus 2020 yang lalu, disebabkan menunggu aturan dan peraturan yang jelas dari pihak Das Berantas selaku pemberi bantuan dana yang digelontorkan untuk pembangunan irigasi.

Realisasi waktu pelaksanaan dihitung selama 120 hari atau selama empat bulan kedepan, mulai bulan Juli 2020 hingga bulan Oktober 2020.

Dikerjakan oleh masyarakat P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) Desa Ngadirenggo.

“Tenaga kerjanya sebanyak 20 orang per hari,” jelasnya.

Air dari Dam Ngelongah Desa Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, yang akan mengaliri saluran irigasi di Desa Ngadirenggo tesebut.

“Sampai hari ini pelaksanaan pembangunan saluran air atau irigasi di RT 11 Wadikidul mencapai 30%.”

Sekitar 50 hektare lahan sawah yang akan terairi, jika saluran irigasinya dalam kondisi baik.

“Mudah-mudahan dengan terbangunnya saluran irigasi nya, nantinya bisa meningkatkan produksi padi di Desa Ngadirenggo,” pungkasnya.

(bud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top