Liputan Seputar TNI

Sejarah Baru Kodikmar Kodiklatal Buka Pendidikan Dikmata XL/1 Kejuruan Marinir di Grati Kabupaten Pasuruan

PASURUAN – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Gegap gempita suara yel-yel Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) angkatan ke-40 gelombang 1 kejuruan Infanteri Marinir memecah kesunyian di Grati tepatnya di Lapangan Puslatpur Marinir-3 Grati Pasuruan. Teriakan yel yel kas Marinir ini menandai babak baru dunia pendidikan TNI AL kususnya Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal untuk pertama kalinya membuka pendidikan di Puslatpur 3 Grati Kabupaten Pasuruan, Minggu, ( 23/8)

Upacara Pembukaan Dikmata angkatan ke-40 gelombang 1 Kejuruan Infanteri Marinir tersebut dibuka langsung Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Sarjito, M.Si.,CHRMP. Tampak hadir dalam acara tersebut Wadan Kolatmar, Wadan Kodikmar, para Komandan Pusdik, kepala departemen dan para komandan sekolah dibawah Kodikmar.

Pembukaan pendidikan ini ditandai dengan Pernyataan Resmi oleh Irup, penyematan tanda siswa, Amanat Irup, Orientasi Siswa dan diakhiri dengan Jam Komandan Kodikmar.

Dankodikmar Kolonel Marinir Sarjito, M.Si.,CHRMP dalam sambutanya menyampaikan bawa pembukaan pendidikan yang dilanjutkan orientasi ini dimaksudkan untuk pengenalan struktur organisasi dan pejabat di lingkungan Kodikmar dan Pusdik serta materi yang akan dipelajari selama menempuh pendidikan di Pusdikif.

“Pendidikan kejuruan ini bertujuan untuk mendidik dan membekali siswa Dikmata Marinir agar memiliki kesamaptaan jasmani, kejuangan dan profesional yang menguasai pengetahuan dan keterampilan sebagai prajurit Marinir,” terang pamen melati tiga di pundak tersebut.

Kepada para siswa, Dankodikmar berharap agar senantiasa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental serta memiliki tanggung jawab dan menjunjung tinggi jiwa korps Marinir. Selain itu agar mengikuti pendidikan dengan semangat dan pantang menyerah.

Dalam kesempatan yang sama, setelah pelaksanaan upacara Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif), Kolonel Marinir Yudi Asmar mengatakan bahwa Siswa Dikmata Marinir Angkatan XL/1 TA. 2020 ini telah menjalani pendidikan Dasar Militer (Sarmil) & Dasar Golongan (Sargolan) selama 5 bulan di Puslatdiksarmil Juanda.

Rencana Siswa ini akan mengenyam pendidikan di Sekolah Tamtama Infanteri Grati Pasuruan selama 6,5 bulan / 30 Minggu / 1718 Jampel @ 45 menit, dengan melaksnakan giat Latihan Praktek (Lattek) meliputi Menembak Kwalifikasi, Operasi Amfibi, Kerjasama Infanteri dan Tank (KSIT), Operasi Darat., Menembak Senjata Bantuan Infanteri (Senbanif) dan Pendidikan Komando (Dikko).

Selesai melaksanakan Lattek Dikko, maka syahlah Siswa Marinir akan menggunakan Baret Ungu sebagai Simbol Kebanggaan Prajurit Korps Marinir.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top