Liputan Seputar TNI

Meriahkan Peringatan ke-75 Kemerdekaan RI, AAL Gelar Aneka Lomba dan Pertandingan

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Setiap tahun, perayaan Tujuhbelasan ini selalu disambut meriah oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Namun, momen Agustusan tahun ini agak berbeda lantaran pandemi Covid-19 yang masih merebak di segala penjuru tanah air.

Lima hari menjelang peringatan puncak HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, Akademi Angkatan Laut (AAL) memeriahkannya dengan menggelar aneka lomba dan pertandingan antar kompartemen dijajaran AAL yang dihelat di Gelanggang Indorsport, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (13/8).

Meski ditengah keprihatinan pandemic Covid-19, personel AAL tetap antusias menyambut perayaan Kemerdekaan RI. Selain menghias satuan masing-masing dengan bendera dan umbul-umbul yang dipasang sebulan penuh 1 hingga 31 Agustus mendatang, mereka juga antusias mengikuti lomba dan pertandingan yang digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Menurut Diektur Personel AAL, Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P. mengatakan, panitia dari Direktorat Personel dan Departeman Jasmani AAL, telah menyiapkan Lomba Estafet Memindahkan Belut, Estapet Memindahkan Sarung dan pertandingan Futsal antar komparteman.

Dalam fun game ini, ia menekankan untuk tetap jalankan protocol kesehatan dengan tetap bermasker, cuci tangan atau gunakan handsanitizer dan jaga jarak. Lomba estafet memindah sarung, lanjutnya, jadi pembuka kemeriahan, tiap tim terdiri dari 10 perserta yang terdiri dari 7 pria dan 3 wanita yang berlomba adu cepat memindah sarung secara estafet (berantai) tidak terputus tanpa menggunakan tangan.

Dalam lomba ini, Juara 1 diraih Kompartemen I dengan catatan waktu 3,5 menit, disusul Komparteman 2 diurutan kedua dengan catatan waktu 3,9 menit dan Komparteman 4 di posisi ketiga dengan catatan waktu 4,4 menit.

Kemeriahan tidak berkurang ketika lomba kedua digelar, Lomba Memindahkan Belut yang dimainkan tujuh orang tiap komparteman ini mengundang gelak tawa personel AAL lainnya yang berperan sebagai supporter, pasalnya makhluk licin ini membuat peserta terlihat kesulitan dalam menangkap dan memindah secara estafet dari ember di titik start ke ember satunya di garis finish.

Dalam lomba ini bahkan sempat dua komparteman dibabak final diulang tiga putaran, mengingat dua komparteman ini memindahkan belut dalam jumlah yang sama, sehingga akhhirnya diambil keputusan untuk di undi uang koin. Tampil sebagai Juara 1 diraih Kompartemen 2, Juara ll diraih Kompartemen 1 dan Juara lll Kompartemen 4.

Sementara itu untuk pertandingan Futsal, Juara 1 diraih Kompartemen 4 setelah di final mengalahkan Kompartemen 2 dengan skor 2-0, diposisi kedua diraih Komparteman 2 dan Juara lll diraih Kompartemen 1.(Ezl)

Sumber : Kabagpen AAL,
Mayor Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top