Liputan Seputar TNI

STTAL SELENGGARAKAN TRAINING SONARWIZ SOFTWARE

JAKARTA – PERSBHAYANGKARA.ID

Mahasiswa STTAL Program Studi S-1 Hidrografi dan D-3 Hidro Oseanografi, melaksanakan pelatihan (training) software sonarwize yang terintegrasi dengan alat-alat investigasi survei dan pemetaan laut yang sudah ada meliputi Side Scan Sonar, Magnetometer, Subbottom Profiler bertempat di kawasan perairan Ancol Jakarta Utara. Selasa (10/8/2020)

STTAL, senantiasa mendorong mahasiswanya untuk meningkatkan kualitas dalam menempuh perkuliahan di STTAL, tentunya harus melalui beberapa tahapan guna menunjang kualitas pembelajaran bagi mahasiswa STTAL program studi S1 hidrografi dan D3 hidro-Oseanografi yang salah satu tahapan dalam pembelajaran tersebut adalah pelaksanaan training alat-alat survei diantaranya alat investigasi tersebut.

Pelaksanaan training ini dibuat dalam penjadwalan yang sistematik diawali dengan belajar di kelas untuk membahas mengenai teori dasar gelombang akustik, propagasi gelombang akustik dalam medium air, alat-alat investigasi yang bekerja dengan teknologi gelombang akustik serta aplikasinya.

Kemudian dilanjutkan dengan akuisisi data di area survei untuk mendapatkan sample data, dari sample data yang didapat dilakukan pengolahan dalam standar pengoperasian pengolahan data investigasi, agar data hasil olahan (output) sesuai dengan tujuan yang akan dicapai guna mendukung tugas pokok keselamatan dalam bernavigasi di laut, aplikasi pertahanan keamanan diantaranya operasi amfibi, Saber Ranjau Laut dan alat-alat investigasi tersebut juga digunakan untuk operasi militer selain perang seperti deploy bahan (barang) bantuan ke daerah bencana yang hanya bisa dilakukan melalui laut (Tsunami Aceh) dan kegiatan Search and Rescue di Laut.

Pelaksanaan training ini bekerjasama dengan mitra STTAL yakni Hidronav Teknika Tama, yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh Prodi S1 Hidrografi dan D3 Hidro-Oseanografi dengan dihadiri oleh Kaprodi S1 Hidrografi Letkol Laut (KH) Nawanto Budi S, S.T., M.Si, Kaprodi D3 Hidro-Oseanografi  Letkol Laut (KH) Johar Setiyadi. S.T., M.T. hadir pula Kadeprenalog STTAL Letkol Laut (KH) Ir. Endro Prasetijoadi. M.A.P. dan Tim Instruktur dari vendor alat yang diketuai oleh Aryanto S.T.(Ezl)

Sumber : Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top