Liputan Seputar TNI

Wadan Kodiklatal Buka Diktukba TNI AL Angkatan ke 50 Tahun 2020

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M mewakili Komandan Kodiklatal membuka program Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan Laut Angkatan ke- 50 Tahun 2020 di lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Juanda Sidoarjo, Sabtu (1/8)

Pembukaan Pendidikan yang diikuti 900 prajurit tersebut terdiri Korps Pelaut, Korps Marinir, Korps dukungan umum yang meliputi Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Khusus dan Pomal, setelah sebelumnya dinyatakan lulus dalam sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) yang juga diselenggarakan di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam amanat yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan selaku Komandan Kodiklatal dirinya mengucapkan selamat atas keberhasila para siswa dalam menyelesaikan seleksi dan dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Pembentukan Bintara TNI Angkatan Laut Angkatan ke 50 TA 2020.

Adapun tujuan pendidikan Diktukba ini adalah untuk mendidik, membentuk dan membekali para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan teknis bidang dasar keprajuritan dan kebintaraan matra laut serta kesamaptaan jasmani sesuai standar Binjas TNI/TNIAL sehingga dapat mengaplikasikan kedinasan sebagai Bintara TNI AL.

Adapun pendidikan ini akan dilaksanakan selama lima bulan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama pendidikan dasar golongan di Pusladiksarmil selama dua bulan, sedangkan tahap ke dua pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik pusdik sesuai kejuruan selama tiga bulan.

Dalam melaksanakan pendidikan Dankodiklatal berharap agar para siswa menunjukkan yang terbaik karena para siswa adalah prajurit terpilih yang siap dididik untuk menjadi bintara TNI AL yang bermoral profesional dan berani.

Diakhir amanat Dankodiklatal menyampaikan beberapa arahan untuk menjadi pedoman antara lain dalam melaksanakan pendidikan hendaknya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT agar mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik aman dan lancar, meningkatkan disiplin dan mematuhi semua peraturan yang berlaku di lingkungan pendidikan Kodiklatal.

Selain itu agar membangun kemampuan yang dimiliki untuk meraih standart kompetensi kelulusan siswa yang dipersyaratkan meliputi aspek sikap, mental/kejuangan akademis dan kesamaptaan jasmani serta memupuk jiwa korsa diantara siswa guna mendukung tugas tugas selama pendidikan, menjaga dan menegakkan etika profesionalisme sebagai anggota militer, serta melaksanakan semua perintah dengan penuh rasa tanggung jawab dan jangan pernah melakukan pelanggaran yang bisa membuat para siswa dikembalikan ke satuan.

Hadir dalam acara tersebut Dirdiklat Kodiklatal ,Dirjianbang Kodiklatal, Komandan Puslatdiksarmil dan perawakilan pejabat dari Pasmar II, Puspenerbal, Dipsial dan Wing udara Juanda.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top