Liputan Lintas Nasional

Diduga Telan Biaya Jutaan, Pembangunan TPST Desa Banjarkemantren Digelembungkan dan Mangkrak

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST)di Desa Banjarkemantren, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo diduga digelembungkan biaya pembangunannya. Hal itu berdasarkan bukti bentuk fisik bangunan. Selain itu, sampai saat ini bangunan tersebut belum difungsikan (mangkrak).

“Bangunan yang lebarnya 9m x 5m itu menelan biaya sebesar Rp 121.769.000,- yang bersumber dari Dana Desa yang di anggarkan di APBDes 2019, tetapi pembangunannya pada tahun 2020. Kwalitas bangunanpun tergolong jelek karena lantai dasar bangunan sudah ada yang retak,dan bangunan jalan yang menuju TPST juga rusak tidak dapat dilewati, yang berasal dari Anggaran terpisah sebesar Rp. 51.145.000.

Menurut salah seorang sumber yang dipercaya menjelaskan, Pembangunan TPST tersebut tidak sampai menelan biaya yang terpampang di papan.

“Proyek tersebut pembayarannya bertermin pertama dibayar Rp 40 juta dan termin kedua dibayar Rp 42 juta. Dan itu ada bukti pembayarannya, sisa anggaran sebesar Rp.39 juta tidak jelas” jelasnya, yang namanya minta dirahasiakan, Jum’at (10/7/2020).

Sistem pengerjaannya juga tidak melalui swakelola melainkan orang ke tiga (pemborong) dan tidak melibatkan warga lokal. Begitu juga dengan pembelanjaan bahan bangunan, material bangunan dibeli dari toko desa lain, padahal sesuai dengan peraturan harus dari lokal karena untuk pemberdayaan warga lokal.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarkemantren Achmad Kasmuri ketika diklarifikasi terkait bangunan tersebut mangatakan, “Semua biaya pembuatan bangunan TPST diserahkan kepada BPD yang membuat laporan. Dan saat ini orangnya masih sakit,” kata Kasmuri.

Lanjut Kades, terkait TPST yang belum difungsikan, bahwa TPST tersebut akan dikelola dan dipasrahkan kepada Bumdes Banjarkemantren. Dan kapan akan difungsikan dan dioperasikan masih belum jelas, pungkasnya. bersambung.(sulton)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top