Pariwisata

Wisata Alam Gunung Bromo Bakal Dibuka Kembali

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Pemandangan Wisata Alam Gunung Bromo yang sempat ditutup akibat dampak covid 19 untuk umum kini bakal dibuka lagi pada bulan agustus mendatang 2020.

Pasalnya hal ini telah diungkapkan oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat rapat bersama empat kepala daerah penyangga wisata alam ini. Rapat koordinasi TNBTS melalui aplikasi Zoom dengan empat kepala daerah penyangga, yaitu Bupati Malang, Asisten Bupati Pasuruan, Bupati Probolinggo, dan Bupati Lumajang,

“Sekarang ini memang masih persiapan di lapangan, rencana pembukaan kembali pada bulan Agustus mendatang 2020. Untuk masalah tanggal yang ditentukan menunggu rekomendasi dari empat Bupati,” Ungkap Kepala TNBTS, John Kenedie

Adapun dari pihak TNBTS saat ini sedang mempersiapkan fasilitas penunjang untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang di tetapkan sebagai standart kesehatan oleh pemerintah.

Pada awalnya, penutupan wisata kawasan gunung Bromo ditutup atas rekomendasi dari empat kepala daerah tersebut. “Maka untuk membukanya kembali harus juga ada rekomendasi dari Bupati dan kami akan tegas menerapkan protokol kesehatan di area Wisata Gunung Bromo. ” imbuhnya Jhon Kenedie.

Penerapan protokol New Normal mewajibkan seluruh wisatawan mengenakan masker dan menjaga jarak antar pengunjung 1,5 meter, harus memakai dan harus mencuci tangan.

“Kita sudah siapkan sarana cuci tangan di empat akses jalan masuk ke gunung Bromo, “Kata John.

Disamping penerapan protokol kesehatan, jumlah pengunjung juga akan dibatasi saat Bromo dibuka kembali. Wisatawan yang diizinkan sebanyak 20 persen dari total daya tampung per hari.

“Maksimal wisatawan yang diizinkan berkunjung di kawasan Gunung Bromo sebanyak 739 orang. Dan Pembelian tiket, semuanya via online,” Jelasnya John.

Dan area penanjakan sendiri sebanyak 178 orang dari total kapasitas 892 orang, Bukit Cinta sebanyak 28 orang dari total kapasitas 141 orang, dan Bukit Kedaluh sebanyak 86 orang dari total kapasitas 434 orang, kawasan Savana Teletubbies sebanyak 347 orang dari total kapasitas 1.735 orang, dan Bukit Mentigen sebanyak 100 orang dari total kapasitas 500 orang.

Jumlah yang suda ditentukan adalah jumlah yang disepakati dalam rapat TNBTS. ( Ro-Si)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top