Liputan Seputar Tipikor

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bersama Warga Bangun Irigasi Baru di Maumutin

BELU – persbhayangkara.NTT

Disamping tugas utama Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, mereka juga melaksanakan tugas lain yaitu Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi terkait diberbagai bidang.

Salah satu bentuk pelaksanaan tugas Binter Satnonkowil dibidang perairan dan pertanian yaitu berupa turut serta dalam pembuatan saluran irigasi baru yang berada di Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur sepanjang 200 meter.

“Hal tersebut dalam rangka menyukseskan ketahanan pangan, dimana Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur melakukan pembuatan saluran irigasi baru menuju lahan-lahan pertanian milik warga”.

Demikian disampaikan Danyonif Raider 142/KJ selaku Dansatgas Pamtas RI – RDTL Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kamis (13/2/2020).

“Pembuatan saluran irigasi baru tersebut dilaksanakan oleh personel kami yang berada di Pos Turiscain yang dipimpin langsung oleh Serda Havid selaku Wadanpos Turiscain bersama 6 orang personel lainnya serta 28 orang warga yang berprofesi sebagai petani dari Desa Maumutin,” ujar Ikhsanudin.

lebih lanjut Letkol Ikhsanudin menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan saat curah hujan yang tergolong masih minim khususnya di wilayah Desa Maumutin, sementara lahan pertanian milik warga membutuhkan air setiap harinya dan hal ini tidak didukung dengan ketersediaan air yang ada, sehingga kami selaku Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ berinisiatif bersama warga Desa Maumutin membuat saluran irigasi baru yang bermuara pada aliran sungai malibaka untuk memenuhi kebutuhan air untuk lahan pertanian masyarakat di Desa Maumutin.

“Dengan adanya saluran irigasi baru ini, kami berharap kepada warga agar dapat secara bersama-sama menjaga serta merawat saluran irigasi tersebut sehingga fungsi utama dari irigasi dapat tercapai guna menyukseskan ketahanan pangan di Desa Maumutin,” ungkapnya.

Terselenggaranya kegiatan ini menggambarkan bahwa kemanunggalan TNI bersama masyarakat perbatasan terjalin dengan sangat baik, sehingga TNI dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada di wilayah perbatasan.

“Saya selalu menyampaikan agar kehadiran personel kami di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif dalam rangka mendukung setiap program Pemerintah dan mengatasi kesulitan warga di sekeliling mereka,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Sementara itu, Bapak Arka Dous (45) selaku Ketua RT (Rukun Tetangga) Dusun Turiscain Desa Maumutin menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Turiscain atas kegiatan pembuatan saluran irigasi baru yang berada di desa mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang selalu membantu kesulitan kami di sini, mereka telah rela menyisihkan waktu dan tenaga untuk membantu warga dalam setiap kegiatan,” ungkap Bapak Arka Dous.

Di tempat yang sama, Serda Havid selaku Wadanpos Turiscain menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ atas kesulitan warga di sekelilingnya.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami selaku TNI terhadap masyarakat di daerah perbatasan, karena kami berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” tandas Havid.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top