Liputan Lintas Nasional

Menyambut Hari Jadi ke 1259 DISPARBUD Kabupaten Malang Gelar Kirab Budaya Nusantara 2019

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Gelaran Kirab Budaya Kabupaten Malang tahun 2019 dalam menyambut Hari Jadi ke 1259 Kabupaten Malang berlangsung semarak dan mempesona, Sabtu (28/9/2019) siang hingga malam hari.

Ribuan masyarakat Kabupaten Malang tampak sangat antusias, mereka datang dari berbagai daerah untuk menyaksikan kegiatan Kirab Budaya kabupaten Malang 2019 yang mengambil start dan finish di sepanjang Jalan Lintas Barat (Jalibar) Kota Kepanjen itu.

Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM membuka Kirab Budaya Kabupaten Malang 2019 dengan ditandai pemukulan drum bersama Asisten Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Adella Raung mewakili Menteri Pariwisata RI yang berhalangan hadir dan sejumlah Forkopinda diantaranya Kapolres Malang, Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu di depan panggung kehormatan.

Kirab ini diikuti tujuh tamu daerah, delapan perusahaan, 43 peserta OPD di lingkungan Pemkab Malang dan 33 kecamatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedhantara saat ditemui awak media pada kegiatan di lokasi jalur lintas barat (Jalibar) Sabtu(28/09/2019) menerangkan “Sesuai jadwal rangkaian yang masuk dalam Malang Beach Festival (MBF), dan melalui kegiatan ini memang tugas kita untuk menyiapkan sarana dan perasarana bagi perserta nantinya untuk ikut mencurahkan ide kreatifitas kepada masing-masing peserta dalam ajang kirab budaya di kalangan masyarakat dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah OPD pemerintah Kabupaten Malang ini,” ujarnya.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Malang definitif Drs. H.M. Sanusi, MM, dengan ditandai pemukulan drum bersama Asisten Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Adella Raung mewakili Menteri Pariwisata RI yang berhalangan hadir dan sejumlah Forkopinda diantaranya Kapolres Malang, Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu di depan panggung kehormatan.

“Kirab ini diikuti tujuh tamu daerah, delapan perusahaan, 43 peserta OPD di lingkungan Pemkab Malang dan 33 kecamatan. Dan juga kirab Budaya ini rutin digelar tiap tahun untuk memeriahkan Hari Jadi ke 1259 Kabupaten Malang ini sangat bagus dan mampu menjadi daya tarik baik masyarakat Kabupaten Malang serta menambah kunjungan wisatawan,” kata Made.

Bupati Malang HM Sanusi juga menyampaikan bahwa ada sedikit perbedaan pada pelaksanaan Kirab Budaya di tahun 2019, dimana beberapa pelaksanaan Kirab Budaya beberapa tahun belakangan dilaksanakan di pesisir selatan Kabupaten Malang. Tetapi pada tahun ini, pelaksanaannya digeser ke kawasan Jalur Lintas Barat.

“Perubahan ini, tentu tidak menyurutkan semangat pagelaran Kirab Budaya. Justru, dengan adanya variasi tempat pelaksanaan, diharapkan dapat memacu partisipasi aktif semua pihak, yang pada gilirannya mendorong pemerataan pembangunan di semua wilayah,” ujar Sanusi yang baru saja dilantik menjadi Bupati Definitif ini.

“Untuk menjadikannya sebagai kegiatan bernilai jual, khususnya sebagai event wisata andalan haruslah terus dilakukan inovasi,” imbuhnya.

Gelaran Kirab Budaya dibuka penampilan Tarian Pesona Kabupaten Malang oleh Joko Roro Kabupaten Malang, disusul tarian kipas dari kelompok difable JCI Universitas Brawijaya di depan panggung utama atau titik finish. Kemudian, penampilan menawan Marching Band Bhahana Swara Sangkakala Bhawana SMA Negeri 1 Kepanjen.

Baru peserta kirab satu per satu mulai beraksi diawali rombongan mobil hias dari kontingen DPRD Kabupaten Malang dengan tema pewayangan Rama Shinta. Disusul kontingen Sekretariat Daerah Kabupaten Malang yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Ir. Didik Budi Muljono, MT dengan tema Topeng Malangan. Tamu kehormatan juga beraksi di barisan terdepan.(BAS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top