Liputan Lintas Nasional

7 ABK TEWAS dalam Penyerangan di KM Mina Sejati

KEPULAUAN ARU -persbhayangkara.id MALUKU

lnsiden penyerangan oleh tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) terhadap 33 rekan mereka di atas KM Mina Sejati yang sementara melakukan pelayaran di Laut Aru,mengakibatkan 7 ABK tewas meninggal dunia.

Kepala Dinas Penerangan, Laksamana Pratama K. Zainal melalui konferensi PERS dengan para Wartawan di Aru via telefon genggam dengan Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla) di Mako Lanal Aru, Senin (19/8) mengatakan, TNI Angkatan Laut telah mengerahkan KRI Teluk Lada-521 untuk membantu menyelamatkan ABK KM Mina sejati di perairan Laut Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Ditegaskan bahwa, insiden itu bukanlah pembajakan, melainkan buntut dari perkelahian antar ABK KM Mina Sejati.

Adapun kronologis kejadian berawal dari 3 orang pelaku (ABK Mina Sejati) melakukan penyerangan terhadap rekan-rekan mereka pada 16 Agustus 2019 malam sehingga 5 orang meninggal dunia.

Karena perkelahian itu, sebanyak 13 orang ABK kemudian berupaya menghindari perkelahian dengan melompat dari kapal.

“Dari 13 orang yang menyelamatkan diri, 11 orang selamat dan dua orang meninggal dan diselamatkan oleh KM Gemilang. Dan saat ini masih ada 15 orang ABK yang berada di atas kapal,” jelasnya.

Lanjut dikatakan bahwa hingga Senin (19/8) pagi, KRI Teluk Lada masih berupaya untuk berkomunikasi dengan ABK KM Mina Sejati..

“Kita sudah berupaya melakukan komunikasi dengan menggunakan radio,namun belum mendapatkan jawaban. Perlu upaya yang lebih waspada _ untuk menghindari kemungkinan terjadinya korban berikut.” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, sejauh ini TNI AL telah mengerahkan KRI Untung Suropati – 372 untuk membantu mengefakuasi korban pertikaian atau korban perkelahian di KM Mina Sejati.

Disinggung terkait motif dari penyerangan ini, Zainal mengaku, sampai saat ini belum diketahui motif yang melatarbelakangi insiden tersebut.

“Nanti dari hasil pendalamannya baru akan kami sampaikan.”tutumya.

(NYS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top