Seputar TNI & POLRI

Kasum TNI Tinjau Langsung Karhutla Di Riau

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto beserta Rombongan dari Mabes TNI, melaksanakan peninjauan Karhutla Provinsi Riau.

Kedatangan Kasum TNI dan rombongan diterima langsung oleh Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar M.Si, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko.P, Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Moningka, Danrem 031/WB Brigjen TNI M.Fadjar, MPICT, Wakapolda Riau, Kalaksa BPBD, Ka BPN serta para Pejabat Korem 031/WB, Polda Riau dan Lanud RSN.

Bertempat di ruang Rapat VIP Lancang Kuning, Satgas Karhutla Provinsi Riau memberikan Paparan kepada Kasum TNI beserta Rombongan.

Dalam Paparannya Danrem 031/WB menyampaikan kondisi Daerah yang terbakar saat ini, kondisi peralatan untuk memadamkan yang masih kurang serta upaya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh satgas Karhutla.

“Pelaksanaan dilapangan, Satgas Darat yang berada di lokasi Karhutla berbaur bersama Masyarakat seperti tidur dan makan di rumah penduduk yang menjadi tempat tinggal sementara selama Satgas Darat melakukan Pemadaman,” ujar Danrem 031/WB.

Danlanud RSN sebagai Dansatgas Udara dalam paparannnya menyampaikan kegiatan pemadaman Karhutla dengan metode Water bombing membantu Satgas Darat yang tidak bisa mencapai Titik Api.

“Penegakan hukum terhadap Perorangan maupun Koorporasi terhadap Karhutla terus kami lakukan mulai dari penyidikan hingga kepada penuntutan, apabila ada unsur kesengajaan dalam pembakaran tersebut maka akan kami tindak sesuai Gukum yang berlaku,” ujar Kapolda Riau.

“Stand by pasukan dan perlengkapan terutama Heli water Bombing serta bahan bakarnya akan menjadi prioritas kedepan untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah. Saya juga berterima kasih kepada satgas Karhutla Riau yang telah bekerja maksimal dengan segala kendala yang di hadapi dalam penanggulangan Karhutla ini. Saya sangat mengapresiasi seluruh prajurit TNI dan Polri serta anggota dari Manggala agni dan masyarakat yang sampai saat ini masih terus bahu membahu pemadaman Karhutla,” Ujar Kasum TNI.

Dalam penyampaian paparannya Gubernur Riau mengucapkan terima kasih kepada Kasum TNI dalam rangka melihat Satgas Karhutla Provinsi Riau, selain itu Gubri juga menyampaikan rencana kedepan dalam mencegah terjadinya Karhutla bersama TNI, Polri, perusahaan dan Masyarakat Riau.

Usai menerima Paparan singkat tentang Satgas Karhutla Provinsi Riau, Kasum TNI bersama Gubernur Riau, Forkopimda, dan Rombongan melaksanakan peninjauan dari udara melihat wilayah yang terbakar serta menemui anggota Satgas Darat yang melaksanakan Pemadaman di lapangan. ***(mirza/pen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top