Kronik polri

RPJMD Jadi Acuan Musrenbang Polda Riau 2019

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, menyebutkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Riau 2019/2024 dapat menjadi acuan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polisi Daerah (Polda) Riau tahun anggaran (TA) 2019.

Hal tersebut disampaikan Sekda Riau melalui pemaparan materi dalam acara Musrenbang Polda Riau TA 2019, yang dilaksanakan di Grand Central Hotel Pekanbaru, Kamis (25/7/19).

Ahmad Hijazi menuturkan, letak geografis Riau yang sangat strategis menjadi tantangan untuk sistem keamanan di Riau.

Dimana, lokasi Riau yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan wilayah lainnya menjadikan Riau sebagai daerah rawan narkoba.

“Narkoba menjadi salah satu poin dalam RPJMD 2019/2024, Gubernur Riau akan membentuk tim khusus untuk menangani kasus tersebut. Ini juga menjadi tantangan bagi Polda Riau,” katanya.

Selain itu, Ia juga membeberkan bahwa salah satu visi misi Riau itu ialah mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu berdaya saing serta mewujudkan masyarakat yang mandiri baik secara ekonomi, finansial dan lain sebagainya.

“Rencana pembangunan harus juga memperhatikan efek ekonominya ke masyarakat, jadi sedikit banyaknya menyentuh kehidupan masyarakat,” terang Ahmad Hijazi.

Hijazi juga menjelaskan, saat ini laju inflasi Riau terendah dari daerah lainnya.

Salah satu faktor penyebab inflasi tersebut adalah bumbu – bumbuan seperti cabe, hal ini dikarenakan supply dari daerah asal yang tidak pasti.

Ia juga menambahkan, tahun ini anggaran Riau juga terjadi pengurangan, dikarenakan SMA/SMK sederajat seluruh Riau menjadi tanggungan dari Pemprov Riau, sehingga dana yang ada dialokasikan ke belanja dan gaji pegawai.

“Dulu SMA/SMK sederajat tanggungan kabupaten/kota, sekarang jadi Provinsi.
Dari pegawai pemprov yang hanya 8.000 orang berubah menjadi 18.000 orang, otomatis sangat berefek ke anggaran,” jelasnya.

Untuk itu, Sekda Riau ini mengharapkan apapun hasil keputusan dari Musrenbang Polda Riau 2019 dapat merujuk pada RPJMD Riau 2019/2024, dengan tujuan menyamakan prioritas dan persepsi dalam pembangunan di Riau.

“Silahkan rumuskan bagaimana pembangunan dan kinerja Polda Riau kedepannya, pemaparan RPJMD ini bisa menjadi acuan agar Pemprov Riau dan Polda Riau dapat terus bersinergi untuk pembangunan di Riau,” tutupnya. ***(mirza/mc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top