Liputan Seputar Layanan Publik

Pekanbaru Raih Pelayanan Publik Terbaik Platinum di Indonesia

JAKARTA – persbhayangkara.id DKI

Kota Pekanbaru kembali menjadi perhatian Nasional dengan berbagai terobosan dalam membangun Kota cerdas di Indoensia.

Kali ini, Pekanbaru meraih penghargaan yang bergengsi dari pemerintah Nasional berupa Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Platinum Tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertingggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sanjoyo, di Jakarta pada Selasa (23/07/19), kepada Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT, pada malam penganugerahan Indonesia’s Attractiveness Award 2019, kerjasama Tempo Media Grup dan IAI.

Malam anugerah ini dihadiri oleh sejumlah Menteri Negara, sejumlah Gubernur, serta Bupati/Wali Kota dari berbagai daerah di Indonesia.

Wali Kota Pekanbaru yang juga didampingi Kadis Kominfo, Firmansyah Eka Putra, Plh Kadis PMPTSP, Rudi Misdian, Kabag Humas, Mas Irba, dan Kabid IKP Kominfo, Mawardi, seusai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur nya atas penghargaan tersebut.

Wali Kota menyebutkan bahwa penghargaan itu patut disyukuri yang merupakan reward atas kejasama semua pihak di Pekanbaru.

“Ini prestasi bersama di Pekanbaru, sebagai bentuk kerjasama tim yang cukup baik dari OPD di seluruh jajaran. Dan Ini menunjukkan kepada masyarakat Indonesia, bahwa hari ini Kota Pekanbaru sedang menuju kota cerdas dengan salah satu pilarnya Government. Karena smart government ini indikatornya adalah kota yang memiliki visi,” ujar Firdaus.

Ditambahkan Wali Kota bahwa prediket sebagai Pelayanan publik terbaik Platinum kategori Kota besar tersebut merupakan salah satu indikator Kota cerdas.

“Kita salah satu kota yang kemarin masuk finalis, dengan kategori Kota Besar. Termasuk Bandung, Badung dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Setelah dilakukan penilaian, baik secara online atau ke lapangan, bahkan kita melakukan presentasi dihadapan dewan juri, akhirnya diputuskan kota Pekanbaru sebagai pemenang terbaik,” ulas Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota bahwa di hadapan tim juri dari Pemerintah Nasional bersama Tempo Media Grup dan IAI, Wali Kota memaparkan Program pelayanan publik yang sedang dan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota pekanbaru, dan ini bisa diukur dari IPM.

“Salah satu indikator yang termudah mengukur apakah pelayanan publik di Kota Pekanbaru ini sudah bagus atau belum, itu bisa dilihat dari dua indikator, pertama Indeks Pembangunan Manusia Kota Pekanbaru sudah 80,66, kita sudah mengalahkan Kota Jakarta. Kemudian dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang hari ini kita juga sudah melewati angka 80. Ini menunjukkan setiap tahun kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik juga meningkat,” ujar Wali Kota.

Selain saat ini Pekanbaru sudah memiliki Mal Pelayanan Publik terlengkap di Indonesia, pemerintah Kota Pekanbaru juga membuka ruang komunikasi dua arah dengan masyarakat secara digitalisasi dimana masyarakat bisa menyampaikam keluhan dan pengaduan kepada pemerintah melalui kanal – kanal informasi yang disediakan seperti media sosial dan kontak center.

“Keluhan dan pengaduan serta aspirasi yang disampaikan masyarakat secara online kita respon dan kita tindaklanjuti secara cepat melalui OPD – OPD terkait. Penghargaan ini bukan tujuan, namun ini adalah motivasi kita bersama untuk selalu bersinergi membangun kota ini menuju era yang samakin baik sehingga menghasilkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera,’’ tutup Firdaus lagi. ***(mirza/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top