Liputan Seputar Dunia Pendidikan

SMK KAL – 1 Sebagai Rumah Ke Dua Bagi 167 Siswa Baru Tahun Pelajaran 2019/2020

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1) Surabaya melaksanakan orientasi kepada siswa baru yang dikenal dengan sebutan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) terhadap 167 siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari 4 jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Isntalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Video Audio (TAV).

Pelaksanaan upacara pembukaan dilaksanakan di halaman sekolah pada Senin (15/7/19) dengan komandan upacara Ahmad Nur Cholik siswa kelas XI TAV dan bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Sekolah SMK KAL – 1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan, M.Pd.

Kepala Sekolah SMK KAL – 1 secara resmi menyematkan tanda peserta PLS kepada 4 perwakilan siswa baru dari tiap-tiap jurusan, kepada siswa baru penekanan orang nomor wakhid di SMK KAL-1 yang berada dinaungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya menyebutkan bahwa tujuan “Pengenalan Lingkungan Sekolah” agar para siswa baru lebih mengenal kehidupan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, dapat menyatu dengan warga sekolah, sehingga siswa lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah karena keberadaan sekolah di lingkungan militer/ TNI AL, mengetahui kewajiban sebagai warga sekolah serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.

Bahkan menurut Kepsek, “Sebagai penerima mandat dari orang tua siswa baru, SMK KAL – 1 siap menjadi rumah kedua bagi siswa baru untuk mendidik, membina, membimbing dan menumbuhkan perilaku positif, disiplin, jujur, santun dan berkarakter serta mengarahkan agar nantinya mereka memiliki kecakapan hidup yang tak sebatas teori namun juga mampu menerapkan dalam setiap sendi kehidupan,” tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan PLS berlangsung selama 3 hari, mulai 15 Juli hingga 17 Juli dengan berbagai materi yang disampaikan antara lain, Pengenalan seluruh pejabat sekolah/para Waka dan Kaprodi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Munawar, S.Pd, pemantapan wawasan kebangsaan dan PBB yang disampaikan oleh I Ketut Pastika, S.Pd., MM anggota TNI AL dari Kodiklatal (Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut), seusai pelaksanaan upacara pembukaan.

Karena SMK KAL – 1 berada di daerah Basis Kodiklatal, maka seluruh siswa baru pun diperkenalkan lingkungan Kodiklatal dengan jalan sehat berkeliling komplek tersebut.

Materi lain yang di sampaikan selama tiga hari oleh bapak/ibu guru dan pembimbing siswa mencakup menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah, pengenalan bengkel – bengkel yang selama ini digunakan praktek siswa, antara lain bengkel Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL), Bengkel Mulok Teknik Kendaraan Ringan (TKR) berada di SMK KAL – 1.

Sementara bengkel Otomotif (TKR) dan bengkel Teknik Pemesinan (TPM) berada di Gedung Pulau Salawati Kodiklatal, juga bengkel Teknik Video Audio (TAV) yang meliputi trainer televise, trainer mikrokontroler, trainer digital, trainer robotika dan lain-lain berada di P. Alor Kodiklatal.

Kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah pembinaan rohani , khusus yang beragama Islam bertempat di Masjid Baitul Ilmi SMK KAL – 1 serta bagi yang beragama lain/Nasrani di kelas juga oleh guru agama Nasrani.

Tidak ketinggalan para pengurus OSIS, Paskibra dan Pramuka mengenalkan beberapa ekstrakurikuler yang dimiliki SMK KAL – 1. ***(mirza/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top