Kronik polri

Kapolda Riau : Cabang Olahraga Berburu Kedepannya Akan Menjadi Ivent Tahunan Di Riau

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo MM membuka secara resmi Perlombaan Berburu Babi dan Pacu Lari Anjing pada Peringatan HUT Bhayangkara ke73 tahun 2019 pada Minggu (14/07/19) Pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan di kawasan hutan PT. Chevron Rumbai – Pekanbaru dihadiri oleh forkompimda propinsi Riau diantaranya yaitu Kadispora Propinsi Riau Doni Apriadi, Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka, Kasi Intel Korem 031/Wira Bima Kolonel Agus Budi, Ketua Koni Riau Emrizal Pakis, perwakilan Kejati Riau, Kaban Kesbangpol Pekanbaru M. Yusuf, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SH MH, Para Pejabat Utama Polda Riau dan para peserta pertandingan.

Tampak antusias para peserta yang ternyata berasal dari berbagai propinsi yang ada di seluruh wilayah pulau Sumatera, dengan data yang masuk di meja panitia sekitar lebih kurang 5000 orang peserta yang nantinya akan merebutkan total hadiah utama senilai 10 juta rupiah untuk lomba berburu babi dan 5 juta rupiah untuk lomba pacu lari Anjing.

Pertandingan berburu babi terbesar yang baru dilaksanakan di Pekanbaru ternyata membuat kagum pimpinan forkompimda Riau dan tamu undangan lainnya, sehingga menurut Kapolda Riau rangkaian kegiatan ini akan terus dilestarikan tiap tahunnya.

“Pertandingan ini merupakan ajang silaturahmi antara jajaran pemerintah daerah dengan unsur TNI – Polri bersama masyarakat. Tentunya kita berharap tradisi yang menjadi hobi para pemburu tersebut dapat berlanjut setiap tahunnya, dengan pengorganisasian kegiatan yang lebih baik lagi.” ujar Kapolda Riau.

Ivent kegiatan yang merupakan ide, gagasan, dan pikiran dari institusi Polri ini, tentunya akan membangkitkan kembali olahraga berburu yang selama ini sangat jarang dijumpai di wilayah kota Pekanbaru, dikarenakan makin berkurangnya kawasan hutan yang dapat dijadikan sebagai tempat ajang berburu.

“Ini merupakan olahraga hobi bagi kalangan kelas menengah ke bawah yang perlu kita hidupkan kembali. Merupakan wujud kepedulian kita dari Polri yang telah bekerjasama dengan pengurus Persatuan Olahraga Berburu Babi indonesia (PORBBI) Propinsi Riau agar kedepannya akan mengusulkan kepada pemerintah agar menjadikan agenda khusus pertandingan ini sebagai program keberlanjutan tiap tahunnya.” tutup Kapolda Riau.

Sebelun memulai pemburuan babi di hutan, pertandingan pacu lari Anjing berjarak 500 M telah dilaksanakan pada pagi hari yang dilepas langsung oleh Kapolda Riau.

Berikut pemenang peserta pertandingan pacu lari Anjing, yaitu :

  • Kategori Anjing Kampung/Lokal –

Juara 1 : Febri dengan Nama Anjing yaitu Dogel 11.
Juara 2 : Adum dengan Nama Anjing yaitu Blus Pku.
Juara 3 : Doni dengan Nama Anjing yaitu 58 Pku.

  • Kategori Anjing Ras –

Juara 1 : Garundang dengan Nama Anjing Pilo.
Juara 2 : Semut dengan Nama Anjing 77 Boy.
Juara 3 : Garundang Satu dengan Nama Anjing Pilo Satu.

Kegiatan diakhiri dengan seremonial pelepasan satu ekor babi dengan ukuran jumbo yang siap menjadi sasaran ratusan ekor anjing sebagai pemanasan awal sebelum melakukan perburuan di hutan. ***(Mirza)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top