Kategori liputan khusus BASARNAS

Sekolah Dharma Loka Pekanbaru Belajar Tentang SAR

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Dalam Rangka sosialisasi tentang Search and rescue (SAR), Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru melakukan Sosialisasi dan terus membenahinya, terutama di kalangan usia dini dari tingkat TK, SD, SMA, Perguruan Tinggi hingga khalayak umum (masyarakat).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru Amiruddin A.S.,S.Sos selaku Penanggung jawab UPT Basarnas terus berupaya memberikan dorongan ataupun masukan kepada seluruh pegawai agar adanya suatu perubahan pada diri Basarnas terutama Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru untuk berkiprah di tengah masyarakat, dan menjadi agen of Change (Agen Perubahan), karena tugas Basarnas sendiri adalah untuk melayani masyarakat dalam bentuk kemanusian, seperti orang tenggelam, gempa bumi, banjir dan lain sebagainya, agar masyarakat mengetahui tugas dan fungsi dari Basarnas, untuk itu perlu adanya Sosialisasi, baik ke kalangan Pelajar (SAR go to School), Mahasiswa maupun masyarakat.

Bertempat di Jalan Soekarno Hatta – Arengka 2 Pekanbaru tepatnya di SMA Dharma Loka Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru memberikan materi tentang pengenalan Basarnas serta pengenalan bagaimana cara pemindahan korban di saat bencana yang dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, diterima oleh Kepala Sekolah Dessy Pratiwi S.Pd, beliau sangat berterima kasih atas sharing ilmu yang diberikan oleh pihak Basarnas.

“Hal ini sangat bermanfaat bagi anak didik kami sehingga tahu apa itu Basarnas dan tugasnya serta ilmu lainnya yang diberikan kepada kami, dan tentunya kami akan menghubungi Basarnas apabila di tempat tinggal kami ataupun dimana ada suatu musibah atau bencana,” terang Dessy.

Supratman selaku koordinator instruktur juga sangat berterimakasih atas antusias para murid SMA berjumlah 138 orang, yang dari awal mengikuti pemaparan yang dilakukan oleh Instruktur.

“Mereka sangat interaktif dengan adanya pertanyaan – pertanyaan yang selama ini mungkin mengganjal di hati mereka, karena mereka juga haus akan informasi – informasi tentang kebencanaan dan musibah, dan kebanyakan mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan apabila ada suatu musibah atau bencana, misalnya orang tenggelam, lakalantas yang memerlukan peralatan seperti ada di basarnas, harus kesiapa mereka menghubungi,” terang supratman.

Dengan adanya SAR Goes to School dari Basarnas ini, informasi tentang kebencanaan dan musibah baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat akan semakin terbuka untuk memberikan informasi dan tentunya mereka juga akan memberitahukan kepada orang tuanya, saudara ataupun ke tetangganya, dan jangan lupa apabila di tempat tinggal maupun dimana pun kalian berada apabila ada suatu musibah atau bencana, kalian bisa menghubungi 115 atau bisa telp ke kantor Basarnas (0761) 674821, tambah Supratman. ***(mirza/koeh)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top