Liputan Lintas Nasional

Kabupaten Sumenep Berhasil Turunkan Angka Stunting Empat Aksi

SUMENEP – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kabupaten Sumenep patut di acungi jempol berhasil melakukan penurunan angka anak kerdil atau stunting melalui delapan aksi konvergensi program di wilayah prioritas, dengan menyelesaikan 4 aksi sesuai waktu yang ditentukan pemerintah pusat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Ellya Fardasah mengungkapkan, program konvergensi 4 aksi cepat yang berhasil dilaksanakan dengan perencanaan yang terintegrasi yaitu analisa situasi, rencana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun rembuk stunting dan adanya Peraturan Bupati (Perbup) tentang pemanfaatan Dana Desa (DD) yang berhubungan dengan pencegahan stunting.” imbuhnya Kemudian dijelaskan, untuk penderita stunting di Sumenep mengalami penurunan dari tahun 2018 lalu yang mencapai 52,5 persen menjadi 34,3 persen tahun ini atau turun 18,2 persen,” jelas Ellya, Menurutnya, Kabupaten Sumenep telah menyelesaikan penanganan stunting di 10 lokus yang ditentukan, dan sudah mendapatkan 10 lokus baru di 7 Kecamatan untuk penanganan stunting pada 2020 mendatang.” terangnya.

Dikatakan, fokus stunting tahun 2020 di 10 desa di 7 kecamatan diantaranya, Desa Brakas dan Karang Nangka Kecamatan Ra’as, Desa Badur dan Gedang-gedang Kecamatan Batuputih, Desa Ketawang Larangan Kecamatan Ganding serta Desa Legung Barat Kecamatan Batang-batang.

Kedepan stunting di Sumenep diharapkan akan semakin menurun dari tahun ke tahun dengan upaya yang dilakukan program konvergensi 4 aksi tersebut,” tandasnya.(timbar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top