Liputan Lintas Nasional

KAKAN KAMENAG KAB. KEP. ARU MEMBUKA MANASIK HAJI TINGKAT KABUPATEN ARU

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara id MALUKU

Kegiatan pembukaan Manasik Haji kabupaten kepulauan aru, bertempat di gedung Madrasa Alia Iptidaiya dobo rabu 3/7/2019 , di buka oleh kepala kantor kementrian agama Kabupaten Kepulauan Aru. H. Ismail Rumfot. Berjalan dengan lancar

Dalam kegitan tersebut hadir pula jajaran kementrian agama kabupaten kepulauan aru Kasubak tata usaha Abisaleh Difinubun, Kepala bagain urusan haji H. Hasan Ohoira, kepala seksi pendidikan islam ibu Wati Mangar SE, Kepala Kantor Urusan Agama(KUA) pulau-pulau Aru Jefri KamarmirK, kepala penyelenggara Melianus Hurulean, serta enam puluh enam (66) calon Jemah Haji asal Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag H. Ismail Rumfot mengatakan bahwa tugas Kementrian Agama yaitu menjalankan beberapa aitem sesuai yang di amanatkan dalam undang-undang no 13 tahun 2008 yang kemudian di revisi kembali menjadi undang-undang no 8 tahun 2009 terkait dengan penyelengara ibadah Haji, dan tugas Kementrian Agama yaitu, memberikan pembinaan dan pelayanan serta pengamanan kepada calon Jema Haji, mulai mulai dari embarkasi daerah asal sampai di Tanah Suci dan kembali Lagi ke sini itu merupakan tugas kementrian Agama yang ada di daerah dan pemerintah daerah, serta tugas Mentri agama dan dinas terkait yang ada di Pusat dalam hal ini dinas perhubungan, kesehatan, kepolisian dan lain-lain.

lanjut Rumfot…, tahapan demi tahapan kita sudah lalui seperti pembuatan paspor kemudia pemeriksaan kesehatan, pembinaan manasik haji juga sudah selesai tahap pertama karena manasik haji di bagi dua tahap yaitu manasik haji kecamatam dan manasek haji kabupaten, sebagaimana di ketahui bahwa manasik Haji kecamatan telah selesai dan kini di lanjutkan dengan manasik Haji Tingkat Kabupaten.

Ditambahkan pula, tahun 2019 ini, kita Kabupaten Kepulauan Aru mendapat tambahan kuota dari pemerintah pusat sebanyak 20 orang sehingga total jemah haji menjadi 66 orang dari sebelumnya hanya 46 orang. dan untuk manasik haji tingkat kabupaten kini tinggal beberapa hari ke depan sudah selesai kata Rumfot.

H. Rumfot berharap agar para calon Jama Haji dapat mengikuti kegiatan pembinaan ini dengan sungu-sunggu agar para jema haji terlati, dan terbiasa serta memantapkan calon jemah haji dalam menjalankan ibadah di Tanah suci nanti. rombongan haji tahun ini terdiri dari laki – laki sebanyak 28 orang, dan perampuan sebanyak 38 orang

Akhir sambutanya, H. Rumfot mengatakan bahwa dirinya telah mengusulkan kepada Pemerintah daerah untuk gedung Manasik Haji dan sudah di realisasi, tahun ini sudah mulai dibangun kemungkinan besar tahun 2021 sudah bisa digunakan tuturnya… (.MM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top