Liputan Seputar TNI

Program Karya Bhakti TNI, Koramil Sail Melalui Babinsa Lakukan Bedah Rumah Warga

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru pada Senin (01/07/19) Pagi melaksanakan Program satuan yakni Karya Bhakti TNI di wilayah Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai.  

Kegiatan Bhakti TNI dalam membantu masyarakat kurang mampu khususnya, menempati rumah yang tidak layak huni merupakan salah satu program Karya Bhakti dari Institusi TNI dengan maksud dan tujuannya yaitu menciptakan lingkungan aman, bersih dan mewujudkan pemukiman yang sehat.  

Hal ini diutarakan langsung oleh Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso ketika usai memberikan bantuan pemasangan atap Dan dinding rumah Warga atas nama Bapak Gito usia 60 tahun yang beralamatkan Jalan Inpres Gang Ihklas RT. 01 RW. 08 Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai dan langsung dikerjakan oleh Babinsa Koramil 05/Sail yang di koordinir oleh Pelda M. Yunus 

“Kegiatan Karya Bhakti TNI ini merupakan tindak lanjut program dari TNI – AD Per Tri wulan pelaksanaannya, Dan sesuai program kerja Koramil untuk Triwulan ke – 3 tahun 2019. Peran serta babinsa sangat menentukan terhadap warga yang akan kita bantu yaitu dengan pengecekan langsung dari rumah ke rumah sesuai petunjuk arahan dari pemerintah di wilayah tersebut. Maka dengan demikian didapatilah warga yang layak kita bantu.” ujar Kapten Arh Sugeng Santoso.  

Danramil pun mengatakan, sumbangsih berupa bantuan material Dan moril tersebut diharapkan dapat dirasakan oleh semua warga yang kurang mampu di wilayah teritorialnya yang terdiri dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Sail, Kecamatan Bukit Raya, dan Kecamatan Marpoyan Damai.  

“Kita akan mengupayakan program ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat bermanfaat bagi kita semua. Maka melalui kegiatan ini, tentunya dapat terjalin silaturahmi dan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara kita.” ujar Danramil.  

Selain itu, Danramil atas nama pimpinan TNI juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah membantu menjalankan program-program kemanusiaan sehingga terbangunnya kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat secara keseluruhan.  

“Terimakasih sekali kami ucapkan kepada Ketua RW dan RT beserta masyarakat yang telah membantu peran Babinsa dalam menjalankan kegiatan ini. Selanjutnya, kami pun masih menerima laporan dan masukan dari Bapak – Bapak (jajaran pemerintah dan institusi Polri, red) yang bertugas di wilayah ini, apabila masih ada warga yang membutuhkan ataupun bantuan lainnya, maka kami akan berupaya untuk siap membantu dan memenuhi kebutuhan dari warga tersebut.” tutup Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso.  

Sementara itu, Ketua RT.01 Bapak Syarial sangat menyambut baik program Karya Bhakti TNI yang ditaja oleh Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru, sehingga menurutnya dengan adanya program kegiatan ini tentunya masyarakat dapat terbantu. 

“Pengerjaan/pemasangan atap Dan dinding rumah Bapak gito oleh Babinsa Koramil 05/Sail tersebut merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat diwilayah binaan Babinsa ini. Maka dengan demikian kedepannya, kami dari pemerintah akan selalu siap mendukung dan membantu program-program lainnya yang menjadi harapan masyarakat disini.” tutup Ketua RW 01 . 

Ditempat terpisah, Bapak Gito bersama keluarga yang merupakan warga penerima bantuan Karya Bhakti TNI merasa terharu karena selama ini Pria yang bekerja sebagai Petani sayur, selalu tidur tidak nyaman apabila musim hujan datang karena atap rumahnya bocor serta dinding dapur rumahnya yang sudah lapuk sehingga dikhawatirkan binatang yang masuk hingga tidak aman bagi keluarganya.

“Kami beserta keluarga merasa bersyukur dan berterimakasih sekali kepada bapak TNI yang telah membuat tempat tinggal kami menjadi baik dan nyaman, semoga amal kebaikannya dapat dibalas langsung oleh Allah SWT, Amin.” ujar bapak Gito sembari menampakkan raut wajah yang terharu senang bercampur sedih.

Hingga berita ini diturunkan, tampak babinsa Koramil 05/Sail bersama masyarakat bahu membahu mewujudkan impian keluarga pak Gito. ***(Mirza/hmt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top